Ibu Hamil, Yogurt Bermanfaat Atasi Hipertensi dan 5 Kondisi Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil makan yogurt. (Mom Junction)

Ilustrasi ibu hamil makan yogurt. (Mom Junction)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu hamil mengalami banyak perubahan yang terjadi di tubuhnya, selain kehidupan seorang janin di rahimnya. Salah satu perubahan yang dicermati adalah asupan yang aman dan dilarang dikonsumsi selama kehamilan. Sebab ada sejumlah makanan yang berada di area membingungkan atau abu-abu, contohnya yogurt.

Ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi yogurt selama diolah dari susu yang terpasteurisasi. Proses memanaskan bahan makanan untuk membunuh organisme berbahaya seperti bakteri hingga protozoa. Tak hanya itu, dengan pasteurisasi maka pertumbuhan mikroba pada makanan juga lebih lambat.

Yogurt akan menjadi berbahaya apabila kandungan susu yang digunakan belum dipasteurisasi. Bisa saja, ada bakteri listeria yang dapat membahayakan janin dan ibu. Jadi telitilah sebelum membeli atau mengonsumsi yogurt yang ada di pasaran.

Setelah memastikan bahwa yogurt aman untuk dikonsumsi, maka Anda bisa mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Tak hanya sehat, yogurt juga menjadi salah satu kudapan pengusir rasa mual yang kerap dirasakan ibu hamil.

Berikut ini sejumlah kandungan gizi di dalam yogurt

1. Probiotik

Bakteri tidak selalu jahat, buktinya bakteri probiotik dalam yogurt justru menjaga kesehatan ibu. Bakteri ini membuat pencernaan Anda lancar sehingga kehamilan pun terasa lebih mudah. Selain itu, ketika bakteri baik atau probiotik berada di usus halus ibu hamil, maka dia akan menangkal penyakit yang mungkin masuk ke tubuh seorang ibu.

2. Mengatasi pigmentasi dan kulit kering

Ada ibu hamil yang mengalami pigmentasi sehingga beberapa bagian kulitnya tampak gelap atau bahkan kering. Yogurt yang kaya akan vitamin E dapat mencegah hal ini terjadi dan memastikan kulit tetap sehat.

3. Membantu pembentukan tulang dan gigi

Yogurt sangat kaya akan kalsium yang penting untuk memastikan janin tumbuh dengan baik, terutama pada bagian pembentukan gigi dan tulang.

4. Menurunkan asam lambung

Sadarkah Anda, seusai mengonsumsi makanan pedas, besar kemungkinan ibu hamil akan merasa heartburn karena asam lambung meningkat. Untuk itu, imbangi dengan yogurt untuk menurunkan asam lambung dan membuat tubuh tidak lagi terasa “panas”.

5. Mencegah hipertensi

Salah satu risiko yang kerap terjadi pada ibu hamil adalah hipertensi atau darah tinggi. Kabar baiknya, yogurt bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

6. Mengurangi stres dan kecemasan

Jangan heran jika stres dan rasa cemas kerap menghampiri semasa kehamilan. Lagi-lagi semua ada hubungannya dengan perubahan hormon yang dialami ibu hamil. Yogurt bisa mengurangi stres dan rasa cemas yang sehat sebagai alternatif es krim atau cake dengan kadar gula tinggi. Rupanya, yogurt juga mencegah meningkatnya hormon kortisol penyebab stres yang membuat seseorang ingin makan lebih banyak.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."