Bukan Cuma Saat Haus, Berikut 6 Waktu yang Tepat Minum Air Putih

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menuang air putih ke gelas. shutterstock.com

Ilustrasi menuang air putih ke gelas. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum air putih saat haus tidak hanya bermanfaat sebagai pelepas dahaga, tapi bagian dari pemenuhan kebutuhan agar tubuh berfungsi baik. Sebab tubuh manusia sekitar 60-70 persen adalah air. Beragam manfaat air putih mulai dari dapat melumasi sendi, mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, membantu pencernaan, hingga membuang racun dari tubuh.

Setiap orang disarankan mengonsumsi setidaknya dua liter cairan untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Tapi, tahukah Anda kapan waktu paling tepat meminumnya? Penelitian menunjukkan bahwa minum air putih pada waktu yang tepat dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti sakit perut, kembung, kelelahan, makan berlebihan, tekanan darah tinggi, sembelit, dan bahkan serangan jantung serta stroke.

Di sisi lain, ada juga waktu-waktu tertentu yang disarankan untuk melepaskan air karena tubuh kita sibuk melakukan hal-hal lain. Berikut ini saat terbaik untuk minum air putih seperti dilansir dari laman Times of India dan Camille Styles. 

1. Bangun pagi 
Segelas air putih di pagi hari membantu mengeluarkan racun di tubuh Anda dan memberi energi untuk memulai hari. Tapi, sebaiknya hindari air dingin atau air es, Anda bisa memilih air normal atau hangat.

2. Saat lelah 
Lelah tetapi tidak punya waktu istirahat? Cobalah minum segelas air putih untuk mendorong otak bekerja lebih baik meskipun Anda tidak beristirahat. Untuk diketahui, kelelahan merupakan salah satu tanda dehidrasi.

3. Sebelum dan sesudah olahraga
Sebelum dan sesudah olahraga sebaiknya minum 2-3 gelar air untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Tetapi jangan minum terlalu banyak air dalam waktu singkat, karena ini akan menyebabkan kram perut.

4. Saat lapar
Antara lapar dan haus kadang-kadang rasanya mirip. Jadi, ketika Anda lapar di antara waktu makan, cobalah meminum segelas air putih untuk mengisi perut.

5. Sebelum makan
Cobalah minum segelas air putih sekitar 30 menit sebelum makan. Itu akan membantu Anda merasa lebih kenyang sehingga mencegah makan berlebihan. Air putih sebelum makan juga melembapkan lapisan perut dan membersihkan rasa sisa makanan dan minuman sebelumnya.

6. Saat sakit 
Saat sakit, Anda sebaiknya minum lebih banyak air. Itu membantu menormalkan suhu tubuh. Selain itu, air putih juga membantu menghilangkan racun dari tubuh sehingga Anda bisa pulih lebih cepat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."