6 Inspirasi Mendesain Rumah dengan Padu Padan Tekstur Interior

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi interior rumah (pixabay.com)

Ilustrasi interior rumah (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat merancang desain interior rumah banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari gaya desain, warna cat dinding, furnitur yang dibutuhkan untuk tiap ruangan, hingga berbagai pajangan seni. Namun dalam semua perencanaan tersebut, ada satu elemen desain yang jangan sampai Anda lupakan, yaitu tekstur.

Tekstur interior rumah meliputi banyak aspek. Mulai dari permukaan furniturjenis kain yang digunakan, penutup lantai, finishing untuk dinding ruangan, dan masih banyak lagi. Penggunaan tekstur dalam desain interior tidak selalu mudah untuk diaplikasikan, mengingat banyaknya aspek yang terlibat di dalamnya. Kunci utama dalam padu padan tekstur interior adalah keberanian dan kreativitas. 

Untuk mempermudah Anda, berikut ini beberapa tips bermain dengan tekstur interior rumah untuk hasil akhir berupa tampilan yang cantik dan nyaman.

1. Permainan Tekstur pada Dinding Ruangan

Dinding merupakan salah satu aspek utama dalam sebuah ruangan. Ada beragam cara untuk menambahkan tekstur pada dinding ruangan. Anda bisa menggunakan dinding batu, wallpaper dengan pola dan tekstur, teknik mengecat dinding yang berbeda, atau dengan menggunakan finishing cat dinding glossy. Kemudian, tambahkan variasi tekstur lainnya pada ruangan. Misalnya, menggunakan meja dengan permukaan super licin, karpet berbulu, atau lampu gantung stainless.

2. Penggunaan Karpet untuk Menambah Tekstur Lantai

Bagaimana dengan lantai ruangan dalam rumah Anda? Apa yang dapat Anda lakukan untuk memberinya tekstur yang berpadu manis dengan isi ruangan? Salah satu cara termudah untuk memainkan tekstur pada lantai ruangan adalah menggunakan karpet. Jangan membatasi diri dengan penggunaan karpet biasa. Pilih karpet berbulu, karpet yang super tebal, atau alas lantai dari bahan anyaman bambu yang unik.

3. Bermain dengan Pola

Berbicara mengenai tekstur interior rumah tidak hanya terbatas pada jenis materialnya saja. Permainan pola dan warna dalam sebuah ruangan akan menambah dimensi tersendiri. Meskipun material yang dipergunakan tidak memiliki tekstur yang terlihat menonjol.

Sedikit tips dalam permainan pola ini adalah mulailah dari benda-benda yang kecil. Misalnya, menggunakan karpet dengan penuh warna dan pola, atau penggunaan sarung bantal hias berpola. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkannya pada benda berskala lebih besar untuk efek maksimal.

4. Penggunaan Material Alam

Penggunaan material alam dalam desain interior akan memberikan karakter tersendiri yang tidak bisa Anda dapatkan dari bahan sintetis. Pada saat yang bersamaan, material tersebut juga menambahkan tekstur ke dalam ruangan. Pilih material-material alam seperti batu, rotan, kayu, dan bahan kulit sebagai material interior rumah Anda.

5. Tanaman Sebagai Penambah Tekstur Interior Rumah

Memajang tanaman hijau dalam ruangan bukan hanya akan menyegarkan pandangan, namun juga dapat memberikan tekstur yang dibutuhkan. Anda dapat menggunakan segala jenis tanaman. Mulai dari tanaman palem besar, kaktus, hingga skulen. Opsi tidak terbatas pada tanaman hijau saja. Anda dapat menggunakan dekorasi tanaman rumput pampas ataupun tanaman bunga kering yang didekorasi sebagai pajangan dinding.

6. Fixture Lampu Unik

Cara berikutnya yang dapat Anda gunakan dalam memainkan tekstur interior rumah adalah dengan memperhatikan jenis fixture lampu gantung yang Anda pilih. Anda bisa memilih fixture lampu gantung dari bahan rotan, bambu, atau metal. Tentukan desain yang unik yang dapat menambah tekstur dalam ruangan.

ARSITAG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."