5 Cara Simpel Menyulap Ruang Tamu Sempit buat Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Dini Pramita

google-image
Ilustrasi ruang tamu. Boldsky.com

Ilustrasi ruang tamu. Boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki ruang tamu berukuran kecil bukan berarti tidak memiliki ruang untuk membuatnya bergaya dan fungsional menjelang lebaran ini. Pemilihan furnitur minimalis kerap dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengatur agar ruangan terlihat lega dan stylish.

Baca: 4 Kesalahan yang Buat Rumah Minimalis jadi Terasa Sempit

Meski mengambil peran mayoritas, pengaturan furnitur bukan satu-satunya cara untuk menata ruang tamu Anda supaya terlihat stylish. Jika sudah terlanjur membeli berbagai macam furnitur yang dirasa kurang tepat, masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Namun, Anda mesti merelakan dompet kembali dibuka untuk membeli beberapa barang yang dibutuhkan. 

Selain memilih furnitur yang tepat, Anda bisa menerapkan tiga cara sederhana ini untuk menata agar ruang tamu yang sempit bisa disulap menjadi stylish:

1. Pilih cat berwarna terang
Cat berwarna terang seperti putih merupakan pilihan terbaik untuk menata ruang tamu sempit. Warna ini akan mengesankan ruang yang luas, lega, dan lapang. Selain itu, warna putih akan membantu pencahayaan ruangan jadi terlihat terang. Jika Anda menginginkan aksen warna, gunakan pada interior atau furnitur sehingga kesan selaras dan harmoni muncul. Ini penting untuk menciptakan kesan rapi dan stylish.

2. Pasang cermin gantung
Menempatkan cermin di ruangan yang sempit tidak akan pernah salah. Sebab, cermin mampu menciptakan ilusi ruang yang lebih lebar. Penempatan cermin dan pemilihan modelnya juga akan mempengaruhi komposisi ruangan. Sebab itu, pilih cermin gantung eklektik yang bisa menjadi aksen dekorasi sekaligus menonjolkan kesan elegan. Cermin gantung dapat ditaruh di atas sofa panjang, jika Anda menempatkan sofa panjang menempel dinding.

Baca juga: 3 Trik Rumah Terkesan Rapi dalam Sekejap

3. Ganti motif jadi lebih sederhana
Ganti motif gorden, karpet, sarung bantal, hingga taplak meja menjadi lebih sederhana dan senada dengan warna aksen ruangan. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan efek ruangan bersih, apik, bergaya, rapi, secara bersamaan. Corak yang besar dan ramai cenderung akan membuat ruangan terlihat ramai, sesak, dan semrawut.

4. Parkir tanaman dalam pot besar di luar ruangan
Menaruh pot atau tanaman di pojok ruang tamu tidak menjadi masalah berarti selama pot dan tanaman yang Anda pilih memiliki dimensi pas. Justru tanaman ini dapat membuat ruangan jadi terlihat segar dan nyaman disinggahi. Namun, jika pot dan tanaman yang Anda pilih berdimensi besar, Anda mesti rela memarkirnya di halaman depan atau belakang rumah. Sebagai gantinya, pilihlah tanaman dan pot berdimensi kecil.

5. Hias dengan lampu berdimensi kecil yang eklektik
Lampu gantung berukuran besar yang terkesan berat, tebal, dan kokoh, kurang pas ditaruh di ruang tamu yang sempit. Bukannya menjadi pemanis, keberadaannya jsutru menjadi 'beban' bagi ruangan. Sebab itu, pilihlah lampu duduk atau gantung yang mungil dengan menggunakan chandelier. Selain cahayanya bisa menegaskan aksen ruangan, keberadaan lampu itu sendiri bisa menjadi salah satu elemen mempermanis ruangan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."