5 Tips untuk Makeup Artist Pemula dari MUA Bubah Alfian

Reporter: Cantika.com
Editor: Silvy Riana Putri
Jumat, 16 Agustus 2019 09:45 WIB
5 Tips untuk Makeup Artist Pemula dari MUA Bubah Alfian

CANTIKA.COM, Jakarta - Makeup artist (MUA) Bubah Alfian memulai karir sejak tahun 2011 di Jakarta. Sepanjang karir tersebut, Bubah sudah mengecap pengalaman merias tokoh perempuan, artis dalam dan luar negeri, keperluan pernikahan, pemotretan produk hingga fashion show. Saat ditemui baru-baru ini, Bubah pun berbagi tips bagi Anda yang ingin memulai karir sebagai makeup artist.

1. Kepribadian

Bubah mengungkapkan salah satu modal utama menjadi makeup artist adalah pribadi yang menyenangkan, amanah, dan tidak selalu orientasi uang. “Harus baik, harus ramah, jangan ribet dan Jaga omongan. Kalau enggak diajak curhat jangan mancing-mancing dan kepo. Jangan mementingkan duit dulu. Lakukan dengan hati. Tujuannya benar-benar murni. Oke memang kerja carinya duit, tapi jangan semua orientasinya uang,” ucap Bubah saat ditemui di acara Wealth Wisdom di Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019.

2. Kebersihan

Kebersihan penampilan dan produk juga salah satu poin penting saat makeup artist bekerja.  “Cuci tangan sebelum makeup. Semprotan pembersih tangan dan tisu juga hars ada. Pakai parfum dan sediakan permen untuk kesegaran aroma mulut. Rutin membersihkan produk makeup seperti kuas. Cek juga tanggal kadaluarsa produk,” kata Bubah.

3. Terus belajar

Terus memperkaya diri dengan pengetahuan teknik dan tren makeup terbaru salah satu resep Bubah eksis hingga saat ini. “Up to date dengan teknik dan produk makeup terbaru. Peka tren makeup itu seperti apa. Dan pastinya kita harus tahu dan pelajari karakter orang yang kita makeup. Harus tahu juga orang itu mau pakai baju apa dan acaranya siang atau malam,” ujar Bubah.

Lebih lanjut dia menjelaskan, “Referensi belajar itu macam-macam. Kalau saya termasuk beruntung karena mengawali karir di tahun 2011 di Jakarta masih banyak pemotretan majalah. Saya banyak belajar dari beauty stylist di majalah-majalah. Baju seperti ini cocoknya pakai makeup ini. Kalau sekarang mungkin bisa lihat referensi dari majalah luar negeri, media sosial dan belajar dari makeup artist senior.”

4. Alat makeup standar

Untuk makeup artist pemula, Bubah mengungkapkan bisa memulai dari alat dan makeup standar. “Kalau untuk pemula yang penting punya makeup standar. Misalnya foundation enggak usah banyak dulu, paling foundation yang gelap dan terang. Dari dua itu saja kita bisa menghasilkan berbagai macam warna kalau kita padukan,” paparnya.

Dia menambahkan,“Bisa ngumpulin produk makeup sedikit demi sedikit seperti saya dulu. Bedak MAC aja dulu enggak punya, lalu saya berdoa. Sekarang punya karena dikasih. Untuk kuas bisa beli yang paketan kuas di Pasar Baru seperti awal karir saya. Enggak usah mahal-mahal yang penting teknik makeup-nya benar. Dan kuas yang digunakan itu benar kebutuhannya untuk apa.”

5. Inovasi makeup

Sama seperti bidang pekerjaan lainnya, inovasi juga dibutuhkan untuk perkembangan karir makeup artist. “Bisa share ide-ide makeup terbaru yang sudah dipelajari. Misalnya, bagus nih makeup seperti ini, kita coba yuk. Mereka akan sangat tertarik dan mengapresiasi,” tandas Bubah.