Kenali 3 Tanda Pacar Siap Jadi Suami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan menikah. Shutterstock

Ilustrasi pasangan menikah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum memutuskan menghabiskan waktu bersama selamanya dengan seseorang ke jenjang pernikahan, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Psikolog klinis dokter Joshua Klapow mengatakan mencintai dan menikah bukan hal yang sama. 

"Pernikahan adalah kontrak - transaksi emosional, fisik, sosial, spiritual, dan logistik. Cinta adalah perasaan. Pernikahan harus benar-benar 100 persen dibahas secara eksplisit. Jangan berbelit-belit," katanya seperti dilansir dari laman Elite Daily. 

Berikut tiga tanda yang menunjukkan bahwa pacar Anda orang yang tepat untuk dinikahi.

1. Tidak memiliki kecemasan
Menikah dapat berarti memiliki pasangan seumur hidup. Meskipun Anda akan selalu menjadi pribadi Anda sendiri, memiliki pasangan berarti mempertimbangkan kebutuhan dan perasaan orang lain saat Anda membuat keputusan bersama. Menurut Dr. Klapow, Anda mungkin bersama orang yang akan dinikahi jika merasa senang memilikinya di setiap bagian masa depan Anda.

"Anda melihat diri Anda bersama mereka dengan mudah di masa depan," kata Dr. Klapow. "Kamu tidak harus bekerja keras untuk membayangkan kehidupan bersama yang kamu bayangkan bersama. Kamu tidak memiliki minat atau keraguan, atau kekhawatiran tentang tertarik pada orang lain. Sama sekali tidak ada rasa takut bahwa kamu kehilangan sesuatu yang lain atau orang lain."

Jika Anda tidak tertarik melihat orang lain atau Anda yakin akan bahagia dan puas dengan dia menurut Dr. Klapow mungkin dengan orang yang akan Anda nikahi.

2. Menyelesaikan konflik
Menemukan seseorang untuk menghabiskan sisa hidup Anda, tidak berarti menemukan seseorang yang Anda setujui dalam segala hal, tetapi itu berarti bersama seseorang yang dapat mendiskusikan banyak hal.

"Anda memang memiliki ketidaksetujuan dan Anda bisa mengatasinya - Anda berdebat dan tidak setuju tetapi dengan cara yang mengingatkan Anda berdua, Anda berada di tim yang sama," kata Dr. Klapow. "Kamu sangat percaya bahwa mereka akan ada untukmu di masa konflik dan krisis. Kamu mempercayai mereka dan kemampuan mereka untuk bekerja bersamamu di saat-saat terberat."

Menurut Dr. Klapow, hubungan terbaik sekalipun akan mengalami konflik dan ketidaksepakatan. Jika dapat menyelesaikan konflik tersebut, berarti Anda dan pasangan benar-benar peduli satu sama lain. Jika Anda telah melalui banyak hal bersama dan saling memberi dukungan, maka Anda mungkin akan bersama selamanya dalam ikatan pernikahan.

3. Terbuka membicarakan pernikahan
Dapat menyelesaikan konflik dan melihat masa depan bersama adalah yang terpenting sebelum mengikat janji, Dr. Klapow membuktikan tanda terbesar bahwa Anda dengan orang yang akan dinikahi adalah bahwa Anda berdua secara terbuka membicarakannya.

"Pernikahan adalah topik yang harus didiskusikan, dieksplorasi, dianalisis, dipikirkan, diproses - semua ini harus dilakukan bersama sebagai pasangan dan secara individu," kata Dr. Klapow. "Jika Anda tidak berkomunikasi secara eksplisit tentang keinginan untuk menikah, memiliki garis waktu, menetapkan batasan dan parameter, mendiskusikan harapan, dan lainnya, Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa Anda tidak berada di jalan yang sama."

Setelah berkencan dengan seseorang sebentar, Anda mungkin merasa yakin bahwa Anda memiliki ide yang sama untuk masa depan Anda bersama. Meski begitu, menurut Dr. Klapow, mendiskusikan dengan tepat apa yang Anda pikirkan untuk masa depan adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan berada pada jalan yang sama tentang menikah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."