Beda Kehamilan Pertama dan Kedua yang Dialami Nina Zatulini

Nina Zatulini (Instagram @ninazatulini22)

ragam

Beda Kehamilan Pertama dan Kedua yang Dialami Nina Zatulini

Jumat, 9 Agustus 2019 11:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap ibu hamil yang memiliki anak lebih dari satu mempunyai pengalaman yang berbeda-beda, seperti Nina Zatulini. Aktris yang berhijab sejak 2017 ini mengungkapkan sejumlah perbedaan yang dirasakannya saat kehamilan pertama dan kedua.

“Kalau kekhawatiran di anak pertama adalah aduh gue bisa enggak ya lahiran. Pengennya normal. Sakitnya gimana ya. Trus apa aja sih yang baik untuk masa kehamilan kita. Takut bayinya kenapa-kenapa. Sempat khawatir keguguran juga," ucap Nina Zatulini saat ditemui di acara Mama’s Choice di Central Department Store, Grand Indonesia, Jakarta pusat, Selasa 6 Agustus 2019.

Dia menambahkan, "Pas hamil pertama, aku juga enggak pakai skin care. Hanya pakai makeup di waktu tertentu aja. Cuci muka pakai air. Menurut aku itu sih lebay. Harusnya aku banyak tanya-tanya dulu tentang pemakaian produk perawatan."

Alhasil, di kehamilan pertama wajah Nina Zatulini berjerawat. Beda saat di kehamilan kedua, dia sudah tidak anti dengan kosmetik. Sebab sudah mengetahui jenis bahan apa saja yang diperbolehkan dan aman dipakai ibu hamil. “Waktu anak kedua udah tahu. Oh ternyata kalo ada bahan ini enggak masalah kita pakai produknya,” tuturnya

Lebih lanjut dia mengisahkan, “Di kehamilan kedua, lebih mikirin sakitnya lahiran, karena sudah tahu rasanya. Aduh nanti sama gak ya rasa sakitnya kayak yang pertama. Atau bahkan lebih sehat. Anaknya sehat gak, ya. Itu kekhawatiran aku di kehamilan kedua.”

Nina Zatulini. (Instagram@ninazatulini22)

Dari segi dukungan selama masa kehamilan, di kehamilan pertamanya Nina Zatulini tinggal di Makassar mengikuti suami. Sedangkan di kehamilan kedua, dia tinggal di Jakarta berpisah dengan suami. Menurutnya, yang terpenting mendapat dukungan dari keluarga selama kehamilan adalah energi penguat yang dibutuhkan. Bisa datangnya dari suami, ibu, mertua ataupun anggota keluarga lainnya.

Untuk intensitas makan, aktris 27 tahun ini mengalami perubahan selera dari kehamilan pertama dan kedua. Di kehamilan pertama, dia bisa menyantap makanan apapun. Meski kadang suka mual atau muntah setelah makan. Tapi itu tidak berlaku di kehamilan keduanya, Nina menjadi pribadi yang pilih-pilih makanan.

“Aneh dikit enggak mau. Kayak ikan yang amis dikit, aku enggak nyentuh karena mual. Trus makan bisanya dikit-dikit,” katanya.

Di antara sejumlah perbedaan dari kehamilan pertama dan kedua, ada satu kesamaan yang diterapkan oleh Nina. Dia sama sekali tidak minum softdrink. “Enggak hamil aja, aku enggak minum softdrink. Apalagi aku lagi hamil. Kesehatan janin dan aku yang diutamakan,” tukasnya.

Nina Zatulini sudah dikaruniai dua buah hati. Anak pertamanya adalah Kenzie Naratama Chandra yang akan memasuki usia tiga tahun. Sedangkan anak keduanya bernama Khanza Inara Chandra yang memasuki usia delapan bulan. Dia menikah dengan Chandra Tauphan Ansar pada tahun 2016.