Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Jaga Kelembapan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

IKLAN

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah di organ-organ tubuh sehingga membantu memerangi beberapa masalah kulit dan jantung. “Ketika air dingin mengenai tubuh, sirkulasi darah membuat arteri lebih efisien memompa darah, oleh karena itu meningkatkan kesehatan jantung kita secara keseluruhan,” ujar Dr. Joseph Mercola, seorang ahli kesehatan alami.

Selain itu, air dingin dapat menurunkan tekanan darah, membersihkan arteri yang tersumbat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. 

4. Menurunkan berat badan 

Mandi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang tidak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak, lemak putih, dan lemak coklat. Lemak putih terakumulasi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh sehingga tidak bisa terbakar. Lemak tubuh ini menumpuk di pinggang, punggung bagian bawah, leher, dan paha. Lemak-lemak inilah yang paling sering jadi masalah.

Menurut Joslin Diabetes Center, afiliasi Harvard Medical School, lemak cokelat adalah lemak baik yang menghasilkan panas untuk menjaga tubuh kita tetap hangat, dan diaktifkan ketika terkena dingin yang ekstrem. Dengan demikian, mandi air dingin dapat meningkatkan aktivitas lemak coklat. Sebuah studi di 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin ekstrem mengaktifkan lemak coklat. Ini artinya, seseorang dapat kehilangan hingga sembilan pound dalam setahun jika terus terpapar.

5. Mempercepat pemulihan otot

Para atlet biasanya mandi es untuk mengurangi nyeri otot. Ini juga bisa dipraktikkan setelah latihan di gym untuk mengurangi sakit otot. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa mandi air dingin selama 24 menit efektif meredakan otot-otot yang sakit. Ini bisa dilakukan satu hingga empat hari setelah latihan berat, dengan suhu air atau 10 hingga 15 derajat Celcius. Namun, beberapa penelitian melibatkan suhu yang lebih dingin.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."