Minum Air Putih di Waktu Ini Bisa Turunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air putih (pixabay.com)

Ilustrasi air putih (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda bahwa mengonsumsi air putih terbukti ampuh dalam menurunkan berat badan? Meski demikian, waktu mengonsumsinya harus tepat karena akan mempengaruhi hasil akhirnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesitas pun menjelaskan tentang hal ini. Dengan melakukan percobaan kepada dua kelompok pria dan wanita bertubuh gemuk, grup pertama pun diminta untuk minum 500 mililiter air pada 30 menit sebelum waktu makan akibat lapar. Sedangkan kelompok lainnya, hanya disuruh untuk membayangkan perut yang kenyang saja.

Kemudian, kedua kelompok diminta untuk melakukan olahraga dan diet yang sama selama 12 minggu. Akhirnya, penelitian pun membuktikan bahwa orang yang minum air sebelum makan karena lapar, berat badannya turun sekitar 1,5 kg lebih banyak daripada mereka yang tidak.

Situs Times of India pada 29 Juli 2019 menjabarkan bahwa mengonsumsi 500 mililiter air putih pada 30 menit sebelum makan, terbukti ampuh menurunkan berat badan karena rasa yang timbul akibat lapar dan haus itu sama.

Sehingga saat tanda ini muncul dan lebih didahului dengan minum, namun tidak lapar lagi, bisa jadi itu adalah reaksi tubuh yang haus, bukan lapar.

Lagipula, air lebih mudah diserap dan dikeluarkan sehingga tidak menimbulkan penambahan berat badan. Sebaliknya, apabila seseorang haus namun diisi dengan makanan, berat badan pun bisa mengalami kenaikan. Sebab lemak dan seluruh kandungan pada makanan bisa tertahan lama di perut.

Oleh karena itu, disarankan bagi mereka yang sedang melangsungkan diet ketat guna menurunkan berat badan, sebaiknya mengonsumsi air putih saat lapar, sebelum makan. Sehingga reaksinya bisa diketahui lapar atau haus karena berdampak pada berat badan, dan ini pun tak terkecuali bagi makan pagi, siang, malam ataupun di sela ngemil.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."