Tips Merawat Tas yang Disebabkan 6 Kelalaian Utama Ini

Ilustrasi wanita memakai tas. Unsplash.com/Tamara Bellis

ragam

Tips Merawat Tas yang Disebabkan 6 Kelalaian Utama Ini

Kamis, 1 Agustus 2019 12:34 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Masalah yang sering timbul saat menggunakan tas di antaranya tali tas putus, berbau, berjamur, jahitan terbuka atau mudah terkelupas. Setelah ditelusuri ada kontribusi kelalaian pemilik tas dilihat dari cara penyimpanan, membersihkan hingga memakai tas. Sandra Selviana selaku pendiri dan direktur marketing Your Bag Spa berbagi pengalaman bisnisnya selama tiga tahun ini berkutat dengan perawatan dan memperbaiki aneka tas.

Berikut 6 kelalaian yang bisa menyebabkan tas mudah rusak beserta tips merawat tas.

1. Menumpuk dan menggantung

Cara menyimpan tas dengan ditumpuk tidak disarankan karena bisa merusak tekstur ataupun mengurangi usia ketahanan tas. Menggantung tas dalam waktu lama juga tidak disarankan. Cara menyimpan tas yang dianjurkan disusun rapi di dalam rak atau lemari tertutup. Tas dikelompokkan sesuai jenis ataupun ukuran lebih baik agar mudah saat mencarinya saat sedang terburu-buru.

“Bila ada kotak atau dust bag, lebih baik digunakan untuk mengurangi debu-debu halus yang menempel di tas. Jangan lupa diangin-anginkan sebulan sekali untuk mengecek apakah ada perubahan di bagian dalam atau luar tas,” ucap Sandra.

2. Penggunaan koran di bagian dalam tas

Untuk mempertahankan struktur bentuk tas saat disimpan, idealnya bagian dalam tas diisi dengan bantal khusus penyangga tas yang berbahan lembut. “Kalau tidak punya bantal khusus itu, bisa menggunakan handuk atau selimut tipis. Syal yang sudah tidak terpakai juga bisa. Asalkan itu semua dalam kondisi bersih, bahannya lembut, dan dilipat rapi saat berada di dalam tas,” tutur Sandra.

“Hindari menyumpal bagian dalam tas dengan kertas koran. Tinta dan kondisi kertas yang daur ulang berisiko menempel ke bagian dalam tas, memicu bau dan bakteri, jadi rentan rusak,” Sandra menjelaskan.

3. Silica gel suka dianggap hanya bonus saat membeli tas

Benda satu ini kerap diabaikan karena bentuknya yang mungil dan suka dianggap hanya bonus ketika membeli tas. Ternyata silica gel wajib di bagian dalam tas saat menyimpan tas. “Silica gel berguna untuk menjaga kelembapan dan mencegah risiko jamuran. Ganti silica gel sebulan sekali. Benda ini mudah dibeli di sejumlah tempat perawatan tas, termasuk Your Bag Spa,” tukas pebisnis berusia 26 tahun ini.