Bukan Cuma Cuci Tas, Ada 5 Treatment Lain di Jasa Perawatan Tas

Ilustrasi perawatan tas. (Pixabay/Lina Cao)

kecantikan

Bukan Cuma Cuci Tas, Ada 5 Treatment Lain di Jasa Perawatan Tas

Minggu, 4 Agustus 2019 11:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum datang ke tempat perawatan tas, ada baiknya mengenali setiap jenis treatment yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda bisa mengenali jenis kerusakan, proses pengerjaan, dan hasil yang diharapkan.

Akhir Juli 2019, Cantika berjumpa dengan Sandra Selviana, pendiri sekaligus direktur marketing Your Bag Spa di salah satu cabangnya Central Department Store Grand Indonesia. Bisnis spesialisasi perawatan tas ini sudah berdiri sejak Agustus 2016 dan menyediakan enam jenis perawatan sesuai problem setiap tas.

1. Cleaning

Perawatan ini membersihkan bagian dalam dan luar tas. Kemudian sterilisasi tas untuk memberikan antibakteri. Setelah itu, memasuki tahapan moisturizer, pemberian losion khusus tas berbahan kulit. Untuk aksesori hardware akan menerima perawatan metal polish. Waktu pengerjaan sekitar satu minggu.

2. Reshape

Reshape bertujuan untuk mengembalikan struktur tas seperti semula. Biasanya masalah ini muncul dari cara penyimpanan yang salah ataupun membawa beban yang melampaui daya tahan setiap jenis tas. Perawatan ini membutuhkan waktu selama dua sampai empat minggu.

3. Protecting

Saat baru membeli tas, perawatan jenis protecting sangat disarankan. Perawatan ini memberikan lapisan waterproof untuk lapisan luar tas sehingga tas mendapat proteksi tambahan. Waktu pengerjaannya sama dengan perawatan cleaning.

4. Repair

Sesuai dengan namanya, perawatan ini untuk memperbaiki komponen tas yang rusak atau hilang. Misalnya mengganti ritsleting, memperbaiki jahitan, mengatasi pengelupasan, memasang kembali logo merek hingga aksesori yang copot. Dibutuhkan waktu selama dua hingga empat minggu tergantung kondisi tas.

5. Retouch

Perawatan retouch mencakup perbaikan goresan atau pengelupasan pada tas. Juga termasuk pewarnaan di area-area terkecil untuk menyamarkan secara optimal. Kesolidan warnanya mencapai 90 persen dengan warna asli tas. Waktu pengerjaan bisa mencapai empat sampai enam minggu dinilai dari kompleksitas kerusakan.

6. Recolour

Perawatan ini termasuk cleaning dan pewarnaan bagian luar tas. Bagi yang ingin mengubah warna tas secara keseluruhan, sebaiknya pilh warna yang serupa atau mendekati jenis warna tas asli. Sebab, perawatan recolour ini hanya mewarnai lapisan terluar tas, pewarnaannya mencapai 90 persen, dan bertahan dua sampai tiga tahun. Setelah itu, warna aslinya akan muncul secara perlahan-lahan. Sama dengan retouch, perawatan recolour juga membutuhkan waktu empat sampai enam minggu.