Tips Merawat Tas yang Disebabkan 6 Kelalaian Utama Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai tas. Unsplash.com/Tamara Bellis

Ilustrasi wanita memakai tas. Unsplash.com/Tamara Bellis

IKLAN

Sandra Selviana pendiri sekaligus direktur marketing Your Bag Spa di Central Department Store Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis 26 Juli 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

4. Menggunakan tas dalam waktu lama

Kebiasaan memakai satu jenis tas dalam waktu lama turut memicu kerusakan tas lebih cepat. “Saya menyarankan rotasi tas, jangan pakai satu tas yang itu saja dalam waktu lama. Dari penuturan klien yang senang pakai tas itu-itu saja, tanpa disadari kebiasaan ini bisa memicu tas jadi mudah rusak karena tidak ada waktu istirahat,” kata Sandra.

Dia menambahkan, “Kebiasan pakai tas yang itu-itu saja juga bikin kita enggan mengecek tas-tas yang disimpan. Dengan rotasi tas, kita bisa mengetahui kondisi setiap sehingga mencegah timbulnya jamur, berbau atau terkelupas. Sebaiknya terapkan rotasi tas setiap seminggu sekali.”

5. Memperlakukan tas seperti kantong doraemon

Acapkali perempuan memasukkan segala sesuatu barang ke dalam satu tas. “Saya perhatikan masalah tali tas putus atau robek karena tas diperlakukan seperti kantong doraemon, harus bisa memuat apapun. Kebiasaan ini membuat tas over capacity, mengurangi usia ketahanan tas, juga bisa menimbulkan kesehatan di bahu karena berat yang berlebihan,” ujar Sandra.

“Kalau membawa banyak barang, sebaiknya gunakan dua tas. Jangan satukan tas makanan dan minuman dengan barang lain seperti makeup atau minyak wangi,” tukasnya.

6. Membersihkan bagian luar tas dengan produk kosmetik atau perawatan

Siapa yang suka membersihkan noda di tas kulit dengan minyak kayu putih, aseton, losion, cuka apel, baking soda, atau baby oil? Bila ada, hentikan kebiasaan itu mulai saat ini “Kelihatannya bersih, tapi tindakan itu memicu kerusakan tekstur kulit secara perlahan-lahan seperti mudah terkelupas,” jelas Sandra.

“Tips merawat tas kulit, gunakan cairan semprotan khusus tas kulit untuk atasi noda. Lalu dikeringkan dengan lap berbahan katun atau microfiber. Kedua alat ini bisa dibeli di tempat perawatan tas,” tandasnya.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."