4 Tips Berbicara dari Hati ke Hati dengan Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi pasangan. Unsplash/

Ilustrasi pasangan. Unsplash/

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seberapa nyaman Anda saat membicarakan perasaan dengan pasangan? Apakah itu datang dengan mudah, atau apakah Anda melakukan apa saja untuk menghindarinya? Jika yang terakhir, Dr. Christie Tcharkhoutian, spesialis perjodohan senior di Three Day Rule, memperingatkan bahwa Anda mungkin kehilangan peluang ikatan yang sangat penting dengan pasangan

"Berbagi perasaan Anda dalam suatu hubungan sangat penting untuk membangun rasa saling percaya, keamanan, dan rasa hormat - jika Anda dapat berbagi emosi tanpa merasa malu atau tidak aman," katanya kepada Elite Daily. Christie Tcharkhoutian memiliki beberapa tips untuk membicarakan perasaan dalam hubungan ketika itu tidak mudah bagi Anda.

Namun Anda tak perlu khawatir, jika berbicara tentang perasaan Anda tidak sendirian. "Penelitian tentang kerentanan menunjukkan kepada kita bahwa seringkali, paling sulit untuk menjadi rentan dengan yang paling dekat dengan Anda, termasuk pasangan Anda," jelas Tcharjhoutian. Berikut ini beberapa tips untuk mulai mengungkapkan perasaan terhadap hubungan Anda dan pasangan.

#1. Membiasakan diri dengan emosi Anda
Langkah pertama untuk menjadi lebih nyaman dengan emosi Anda dan mengekspresikannya kepada pasangan Anda adalah dengan meluangkan waktu untuk memahami dan membiasakan diri dengan emosi Anda, kata Dr. Tcharkhoutian. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini, katanya, adalah penjurnalan. “Seringkali, alasan mengidentifikasi dan sulit mengungkapkan perasaan tentang hubungan Anda adalah karena kita tidak meluangkan waktu untuk mengidentifikasi perasaan kami dan memprosesnya sendiri. Anda hanya dapat memiliki hubungan yang kuat dan mendalam dengan pasangan Anda seperti halnya Anda sendiri, ”jelasnya.

#2.  Gunakan pernyatan, “Aku merasa”
Jika Anda berusaha bersikap terbuka dengan perasaan Anda, Dr. Tcharkhoutian mengatakan gunakan pernyataan "Saya merasa" adalah cara yang bagus untuk memulai. “Salah satu ketakutan dalam mengungkapkan perasaan, terutama jika itu negatif akibat sesuatu terjadi dalam hubungan, [mungkin karena kita] takut pasangan kita akan marah atau menjadi defensif. Ketika kita fokus pada perilaku, daripada orang yang memengaruhi perasaan kita, ini membantu mengurangi kesalahan dan meningkatkan fokus pada emosi, ”jelasnya.

#3. Fokus pada emosi yang mendalam
Jika kesulitan untuk berbicara tentang perasaan Anda, Dr. Tcharkhoutian menyarankan meluangkan waktu untuk sampai ke akar perasaan Anda dan kemudian berbicara dengan pasangan. “Seringkali ketika kita marah, ada emosi yang lebih dalam bahwa kita menutupi kemarahan kita. Mungkin ketakutan atau kesedihan. Mengidentifikasi emosi yang lebih dalam membantu mengembangkan hubungan lebih lanjut,” katanya.

#4. Ingatlah bersikap terbuka sangat baik untuk pasangan dan diri sendiri
Dengan terbuka terhadap perasaan, jadi hadiah untuk diri sendiri dan pasangan  Anda. “Penting untuk terbuka karena keterbukaan emosional memberi pasangan Anda sesuatu yang mereka butuhkan: kepastian," kata Connel Barret, pelatih kencan eksekutif. "Kita semua perlu diingatkan bahwa kita cukup, bahwa kita istimewa, yang kita cintai. Jadi ketika pasangan adalah apa yang saya sebut 'telanjang secara emosional,' mereka saling memberi hadiah kepastian bahwa mereka akan aman dan dicintai. Dan itu mengarah pada koneksi yang lebih kuat. ”

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."