7 Keuntungan Punya Pasangan Beda Karakter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi pasangan berpelukan. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan berpelukan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang mencari pasangan yang memiliki kemiripan dengannya. Namun ada juga yang memiliki pasangan yang beda karakter, memiliki pandangan hidup berbeda, dan bahkan minat yang berbeda. Hal ini dapat membuat hubungan terasa menyenangkan, bahkan bisa membuat Anda menjadi pasangan yang lebih kuat, dalam banyak hal juga.

Menurut terapis Latasha Matthews setiap orang tentu ingin memastikan pasangannya memahami dan menghargai keyakinannya. Kadang tidak selalu berhasil. Namun, dengan hal-hal yang lebih kecil, berkencan dengan orang yang memiliki perbedaan dengan Anda dapat mempengaruhi hubungan.

#1. Menjaga hubungan tetap stabil
Misalnya Anda memiliki kepribadian yang tenang, sementara pasangan Anda cenderung lebih kuat. Tampaknya perbedaan ini bisa menjadi hal yang buruk, atau menyebabkan banyak kesalahpahaman. Namun, membawa sifat yang berbeda secara drastis ke dalam hubungan sebenarnya bisa menjadi hal yang baik.

"Ini tentu saling melengkapi, kepribadian bervariasi sehingga bisa ada keseimbangan yang baik yang membantu menjaga hubungan tetap stabil," kata Matthews. Jika pasangan Anda merasa kewalahan atau tertekan, Anda bisa merasakan getaran dinginnya dan membantu mereka melihat sesuatu secara berbeda.

#2. Dapat membantu Anda menemukan keseimbangan
Demikian pula, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda saling menyeimbangkan. Dan itu karena, ketika Anda menggabungkan sifat-sifat yang berlawanan, Anda secara alami akan saling membantu bergerak menuju keseimbangan. "Pasanganmu bisa melihat berbagai hal dari sudut pandang baru," kata terapis pernikahan Ibinye Osibodu-Onyali, seperti dilansir dari laman Bustle. “Anda juga akan melihat banyak hal dengan cara baru. Ini biasanya positif, karena kalian berdua dapat menciptakan keseimbangan yang hebat bersama."

#3. Saling mengajarkan hal baru
"Ketika Anda berkencan dengan seseorang yang memiliki pola pikir yang berbeda dari Anda, itu membantu Anda belajar dan tumbuh dan menavigasi kehidupan melalui lensa yang berbeda,” kata Matthews.  Anda dapat mencuri beberapa kebiasaan satu sama lain dan keluar dari kebiasaan lama, semuanya dengan bersikap terbuka terhadap ide-ide baru ini.

#4. Belajar Cara Berkompromi
Meskipun berpacaran dengan orang yang memiliki karakter berbeda bisa menyenangkan, tapi kadang juga menyulitkan. “Menjalin hubungan dengan orang yang karakternya berbeda akan membuat belajar kompromi. “ berkencan dengan seseorang yang berseberangan akan membutuhkan kompromi terus-menerus untuk menghormati kebutuhan dan preferensi Anda," kata Dr. Wyatt Fisher, seorang psikolog klinis berlisensi dan penasihat pernikahan di Boulder, CO.

#5. Anda akan Memiliki Pengalaman Baru
"Berkencan dengan seseorang yang merupakan lawan kita membuka kita pada ide, pengalaman, dan orang baru," Elisa Robyn, PhD, life coach. “Ini seperti bepergian ke tempat-tempat baru, Anda benar-benar bisa belajar banyak.”

#6. Menjaga keharmonisan
Ketika Anda berkencan dengan seseorang yang berpikir persis seperti Anda, tidak selalu mengarah pada percakapan yang paling menarik. "Namun, ketika kamu berkencan dengan seseorang yang berpikir berbeda," kata Matthews. "Kamu akan selalu dalam perjalanan untuk mempelajari orang itu dan menghargai ide-ide baru yang mereka bawa ke dalam hubungan."

Dalam beberapa hal, itu dapat membantu menjaga keharmonisan. Lagi pula, hal-hal yang berlawanan cenderung menarik karena misteri dan intrik.

#7. Belajar menghadapi ketakutan
Ketika berkencan dengan seseorang yang berbeda dari Anda, Anda mungkin benar-benar menghadapi beberapa ketakutan. "Sebagai contoh, Anda tidak suka pergi ke pantai karena Anda takut pergi ke laut tetapi pasangan Anda tumbuh berselancar, dan pergi ke pantai itu penting bagi mereka," Jaclyn Lopez Witmer, seorang klinik berlisensi psikolog yang berbasis di New York, mengisahkan Bustle. "Mereka mungkin mendorongmu untuk menghadapi ketakutanmu, mencoba pergi bersama mereka, dan kamu mungkin terkejut mendapati bahwa pergi ke lautan bersama mereka jauh lebih menakutkan dan lebih menyenangkan daripada yang pernah kamu bayangkan."

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."