Mau Ajak Balita ke Bioskop? Orang Tua Jangan Lupa Siapkan Hal Ini

Reporter: Sehatq.com
Editor: Mitra Tarigan
Kamis, 18 Juli 2019 16:48 WIB
Mau Ajak Balita ke Bioskop? Orang Tua Jangan Lupa Siapkan Hal Ini

CANTIKA.COM, Jakarta - Film The Lion King saat ini sedang tayang di bioskop. Anda berniat mengajak buah hati Anda menonton film keluarga itu? Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan orang tua bila ingin mengajak anak balita mereka menonton di bioskop.

Seperti dilansir dari SehatQ, dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan Natasha Supartono menjelaskan, menyarankan orang tua untuk menjelaskan mengenai keadaan di dalam bioskop, serta memberi gambaran tentang film yang akan ditonton, kepada anak, sebelum nonton bioskop. Selain itu, ada tips dari seorang profesor di bidang psikologi, dari George Mason University, Amerika Serikat, bernama Susanne Ayers Denham, saat Anda ingin mengajak anak nonton bioskop.

Pertama, pilih kursi di dekat lorong. Anak Anda mungkin saja bosan duduk terlalu lama, atau sering buang air kecil. Oleh karena itu, memilih duduk di dekat lorong, akan memudahkannya ke toilet, serta tidak mengganggu para penonton lain. Ajaklah balita nonton bioskop di hari kerja. Sebab di hari kerja, bioskop biasanya lebih sepi, dibanding akhir pekan.

Kemudian, bawa camilan kesukaan anak. Camilan ini bisa membantu menenangkan anak di kursinya, agar ia tidak sering berdiri, sehingga menghalangi pandangan para penonton lain.

Natasha menjelaskan waktu yang tepat bagi orang tua mengajak anak nonton ke bioskop. Ia mengatakan sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai usia anak untuk diajak nonton bioskop. Jika sudah bisa berkomunikasi, mempertahankan perhatian mereka, dan mengenal lingkungan dengan baik, maka anak, termasuk balita, dapat diajak nonton bioskop. "Yang penting, pastikan Anda memilih bioskop yang ramah anak," katanya.

Jangan lupa membawa barang-barang yang bisa menenangkan buah hati, misalnya empeng, selimut kesayangan dan botol dotnya. Jika Anda masih dalam periode menyusui, pilihlah waktu penayangan film yang tidak mengganggu waktu menyusui dan tidur anak. Sebaiknya Anda menyusui anak balita dan memberinya waktu tidur, 15-30 menit sebelum film dimulai. Langkah ini bisa membantu Anda tetap tenang dan menikmati film, dan si kecil pun merasa nyaman.