3 Cara Memanfaatkan Oatmeal untuk Perawatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi oatmeal dan calendula. Pixabay.com

Ilustrasi oatmeal dan calendula. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika tak sempat perawatan kulit di klinik kecantikan, Anda bisa menggunakan oatmeal. Bahan makanan ini memang dikenal khasiatnya untuk kecantikan terutama untuk menenangkan dan menghaluskan kulit kering atau gatal.

Oatmeal sudah lama digunakan untuk perawatan kulit. Bahkan sejak 2000 tahun sebelum masehi di Mesir mandi dengan oatmeal digunakan untuk menyembuhkan berbagai kondisi kulit. Pada abad terakhir, oatmeal menjadi salah satu bahan pertama yang diakui dan diatur oleh Food and Drug Administration pada tahun 1989, sebagai "bahan Kategori I yang aman dan efektif" dan sekali lagi pada tahun 2003, sebagai pelindung kulit.

Kata Ahli Tentang Manfaat Oat untuk Kesehatan Tubuh

Kaya dengan antioksidan, vitamin, mineral dan sifat anti-inflamasi, membuat oatmeal menjadi pilihan sarapan yang sehat dan bermanfaat bagi kulit Anda. Untuk mendapatkan lebih banyak butiran, oatemal memiliki dua komponen utama yang memberikannya kekuatan super: avenanthramide dan lipid.

Avenanthramides adalah sekelompok antioksidan fenolik yang anti-inflamasi dan dapat membantu menenangkan gatal dan iritasi saat digunakan secara topikal. Lipid membantu melembabkan dan mempertahankan penghalang kulit Anda, yang sangat penting untuk mencegah kekeringan dan kondisi kulit yang lebih serius tetapi umum seperti dermatitis atopik atau eksim. Oatmeal juga kaya akan saponin, yang merupakan senyawa yang biasa ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan yang sering ditambahkan ke shampo, deterjen cair dan pasta gigi karena mengemulsi dan menghasilkan busa yang bagus.

Melansir laman Purewow, ada beberapa cara memanfaatkan oatmeal sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda.

#1. Mandi oat
Metode termudah dan paling umum digunakan adalah sesuatu yang mungkin dilakukan saat Anda terkena cacar air: mandi oatmeal. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi bak mandi Anda dengan air hangat (tidak pernah panas!), Tuangkan dalam secangkir oatmeal biasa dan rendam tubuh Anda selama 15 hingga 30 .

Ada alasan mengapa teman-teman kita di American Academy of Dermatology merekomendasikan mandi oatmeal sebagai pengobatan untuk semuanya, mulai dari cacar air hingga gatal-gatal, poison ivy, dan terbakar sinar matahari.

#2. Masker wajah
Pilihan lain adalah membuat masker wajah untuk eksfoliasi. Untuk ini, giling gandum utuh dalam food processor atau blender sampai mencapai konsistensi tepung halus. Hal ini membuat kandungan dalam gandum lebih mudah diserap kulit. Setelah ditumbuk, campur oat dengan satu sendok makan madu yang memiliki sifat antibakteri dan penyembuhan tambahan dan satu sendok makan air hangat.

Oleskan campuran tersebut secara merata di wajah Anda, diamkan selama beberapa menit, dan pijat dengan lembut ke kulit menggunakan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat. 4 Jenis Antioksidan yang Berkhasiat Menjaga Kecantikan Kulit

#3. Masker atau lulur tubuh
Dan yang tak kalah pentingnya, Anda bisa membuat lulur sendiri menggunakan oat sederhana. Sekali lagi, pastikan untuk menggiling gandum Anda terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat maksimal. Campurkan minyak kelapa, gula merah, dan air (jadi resep dasarnya sama dengan masker wajah di atas, ganti saja madu dengan minyak kelapa). Lulur buatan sendiri ini dapat melembapkan kulit dan kaki yang pecah-pecah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."