Manfaat Prenatal Yoga Tak Hanya Memperlancar Persalinan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita hamil melakukan yoga. ChinaFotoPress/ChinaFotoPress via Getty Images

Ilustrasi wanita hamil melakukan yoga. ChinaFotoPress/ChinaFotoPress via Getty Images

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu persiapan yang dapat dilakukan ibu hamil menjelang persalinan adalah dengan melakukan prenatal yoga. Selain dapat memperlancar proses persalinan, prenatal yoga juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh ibu hamil. 

Baca juga: Mimpi Hamil Saat Tak Rencanakan Kehamilan, Apa Artinya?

Prenatal yoga merupakan bentuk latihan yoga dan meditasi yang dirancang khusus untuk ibu hamil, di mana napas dan posisi tertentu digunakan untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Latihan yoga ini dipastikan aman dan memberikan banyak manfaat.

Berbeda dengan yoga biasa yang banyak melakukan posisi sulit, prenatal yoga menekankan pada gerakan pernapasan, peregangan, dan penguatan dalam membantu tubuh mempersiapkan kelahiran. Selain itu, prenatal yoga juga bisa membantu fisik Anda tetap aktif selama masa kehamilan. Berikut ini manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil.

#1. Menurunkan tekanan darah
Jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi dalam masa kehamilan, maka prenatal yoga menjadi langkah yang tepat untuk Anda lakukan karena bisa membantu menurunkan tekanan darah. Detak jantung dan tekanan darah usai melakukan prenatal yoga bisa menjadi lebih rendah ketimbang latihan-latihan ringan lainnya, seperti berjalan kaki.

#2. Mengurangi risiko keguguran dan kelahiran prematur
Jika ibu hamil stres dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Namun, dengan melakukan prenatal yoga, Anda bisa mencegah munculnya stres sehingga terhindar dari kedua risiko tersebut.

#3. Menstabilkan suasana hati
Prenatal yoga yang mengombinasikan olahraga, meditasi, relaksasi, dan pernapasan mendalam secara signifikan dapat menurunkan tingkat depresi pada calon ibu. Suasana hati Anda menjelang persalinan pun akan menjadi lebih stabil sehingga membuat diri lebih tenang saat proses persalinan.

#4. Menjaga berat badan
Seperti aktivitas fisik lainnya, prenatal yoga membuat ibu hamil tetap aktif dan membantu menjaga kenaikan berat badan dengan baik sebelum melahirkan. Kenaikan berat badan yang berlebih pada masa kehamilan, terutama menjelang persalinan, tentu bukan hal yang baik karena bisa menyulitkan proses persalinan.

#5. Mempersiapkan kemampuan bersalin
Latihan pernapasan dalam prenatal yoga dapat menenangkan Anda ketika tiba saatnya bayi Anda akan keluar. Selain itu, gerakan peregangan dan penguatan juga dapat meningkatkan kemampuan persalinan dan pemulihan Anda karena setelah melakukan prenatal yoga, otot-otot menjadi lebih kuat dan lebih kencang untuk mendorong bayi keluar.

Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa ibu hamil yang melakukan prenatal yoga lebih sedikit merasakan sakit saat melahirkan ataupun setelahnya. Selain itu, proses kelahiran juga cenderung lebih cepat daripada ibu hamil yang tidak melakukan yoga ini.

Manfat-manfaat lain yang bisa didapat dari prenatal yoga, yaitu membuat kualitas tidur lebih baik, menurunkan nyeri punggung bagian bawah, menurunkan mual, mengurangi sakit kepala, dan menurunkan risiko janin lambat berkembang.

Apabila Anda tertarik melakukan yoga ini, namun tidak pernah yoga sebelumnya, Anda tidak perlu takut. Jika dokter kandungan Anda telah mengizinkan, tentu Anda bisa melakukannya. Gerakan-gerakannya pun cenderung tidak sulit. Oleh sebab itu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda sebelum memutuskan untuk mengikuti prenatal yoga.

Namun, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan prenatal yoga sendiri di rumah karena ada risiko salah gerakan sehingga malah jadi membahayakan kehamilan. Anda disarankan mengikuti kelas yoga dengan bantuan instruktur profesional yang akan memberi petunjuk mengenai posisi atau gerakan prenatal yoga. Carilah program pelatihan prenatal yoga yang diajarkan oleh seorang instruktur.

Lakukanlah prenatal yoga selama kurang lebih 30 menit. Jangan terlalu menekan diri Anda untuk terus melakukan latihan karena dapat menyebabkan kelelahan. Tujuan dari prenatal yoga adalah untuk membuat Anda rileks, jadi jangan terlalu keras dalam melakukannya. Terlalu banyak gerakan peregangan perut dalam yoga juga tidak baik untuk wanita hamil. 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."