Mimpi Hamil Saat Tak Rencanakan Kehamilan, Apa Artinya?

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Rabu, 10 Juli 2019 09:39 WIB
Mimpi Hamil Saat Tak Rencanakan Kehamilan, Apa Artinya?

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak yang bilang mimpi adalah bunga tidur. Kadang kita bermimpi tentang keluarga, diri sendiri, idola, dan lainnya. Namun yang lebih aneh jika Anda sedang tidak hamil tapi bermimpi tentang kehamilan.

Baca juga: Mimpi Jatuh dari Ketinggian, Bisa Jadi Ini Artinya

Mimpi tentang hamil mungkin ada hubungannya dengan keinginan pribadi Anda atau takut akan kehamilan. Bagi sebagian orang, mimpi kehamilan berhubungan dengan fakta bahwa orang tersebut memikirkan kehamilan dengan cara tertentu, kata Rafael Pelayo, MD, profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine.

Jika seseorang sangat ingin hamil, mimpi tentang kehamilan adalah keinginan mereka untuk bermain di dunia impian mereka. Tentu saja, tidak mungkin mimpi kehamilan akan membuat Anda takut jika Anda benar-benar mencoba untuk hamil, tetapi mimpi kehamilan bisa membuat Anda merasa kecil hati atau sedih jika itu tidak terjadi di luar impian Anda.

Skenario yang lebih membingungkan adalah ketika bermimpi bahwa Anda mengandung anak atau bahwa Anda melakukan tes kehamilan positif, mungkin, tetapi Anda 100 persen tidak siap untuk memikirkan bayi dan tidak pernah mengandung bayi. Atau, mungkin Anda sudah memiliki anak dan Anda pasti tidak ingin lagi. Dalam kasus-kasus ini, takut hamil atau memiliki kecemasan tentang hal itu masih ada dalam kapasitas pikiran sehingga Anda dapat membayangkannya dalam tidur Anda dan mungkin terasa lebih seperti mimpi buruk.

“Mimpi-mimpi ini juga mungkin terkait dengan kenangan acak tentang kehamilan masa lalu Anda sendiri atau orang lain,” kata Dr. Pelayo, seperti dilansir dari laman Women's Health. Jika Anda bermimpi tentang kehamilan dan sebelumnya berada di titik tertentu dalam hidup Anda, ada kemungkinan besar bahwa sesuatu dalam hari Anda secara singkat mengingatkan Anda tentang hal itu. Misalnya Anda mengalami morning sickness yang buruk selama kehamilan pertama Anda: Kapan saja Anda merasa sedikit mual di siang hari adalah kesempatan bagi otak Anda untuk mengingat morning sickness itu dan memberi Anda mimpi tentang kehamilan.

Hal serupa dapat terjadi jika Anda makan salah satu makanan yang pernah Anda idamkan saat Anda hamil, terutama jika itu bukan sesuatu yang biasanya Anda makan. Contoh lain: Anda melihat seseorang dengan bayi, dan meskipun Anda pasca-menopause, visual yang memicu otak Anda untuk mengingat kehamilan Anda sendiri saat Anda sedang tidur.

Mimpi tentang kehamilan mungkin tentang jenis kelahiran yang berbeda "Kehamilan dapat menjadi metafora untuk jenis kreativitas lainnya," kata Deirdre Barrett, PhD, seorang psikolog dan penulis The Committee of Sleep. Mimpi kehamilan dapat mewakili kegembiraan Anda di sekitar proyek kreatif di rumah atau di tempat kerja, katanya. Misal Anda sedang "melahirkan" proyek ini, dalam arti tertentu, dan itu bisa muncul dalam mimpi Anda sebagai kehamilan atau bayi.

"Bayi dapat mewakili yang baru: upaya baru, hubungan baru," kata Dr. Barrett. "Atau, mereka dapat mewakili bagian rentan atau belum dewasa dari pemimpi." Bagi individu lain, kehamilan atau bayi dalam mimpi bisa menjadi petunjuk untuk sesuatu yang sejelas keinginan untuk seorang anak.