Ikan Lele Pengganti Sempurna Makanan Jepang Berbahan Dasar Unagi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ikan lele. Unsplash.com/Will Turner

Ikan lele. Unsplash.com/Will Turner

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi penggemar makanan Jepang tentu tak asing lagi dengan makanan berbahan dasar unagi atau belut. Hampir setiap restoran-restoran Jepang menyediakan menu makanan berbahan dasar unagi.

Baca juga: Daftar Ikan Sehat dan Tidak: Lele Ikan Sehat, Belut Tidak

Namun karena harganya cukup mahal, ternyata bisa digantikan dengan ikan lele. “Setelah melakukan serangkaian uji coba, kami menemukan bahwa ikan lele bisa menjadi pengganti yang tepat. Kenapa? Karena memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan unagi,” jelas Winardy Untoro, General Manager Operations Ichiban Sushi, di Kuningan City, Jakarta Selatan, Senin 8 Juli 2019.

Winardy Untoro menambahkan tekstur unagi masih lebih lembut dibanding ikan lele. Namun selain kelembutannya, baik unagi dan ikan lele rasanya yang tidak jauh beda. Selain itu, Unagi dan lele juga memiliki kandungan nutrisi yang kurang lebih sama. “Kandungannya juga bergizi dan rendah kalori, menjadi sumber protein dan vitamin B12 yang baik. Ikan lele juga memiliki kandungan omega 3 dan omega 6, membuatnya rendah kalori dan rendah lemak,” lanjut Winardy.

Selain itu, mengganti unagi dengan ikan lele juga membantu melindungi unagi yang populasinya mulai berkurang. Harga unagi yang tinggi disebabkan oleh populasinya yang berkurang secara pesat akibat tingkat konsumsi yang tinggi dalam beberapa dekade terakhir. Pemerintah Jepang juga sudah menetapkan unagi sebagai hewan yang dilindungi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."