Penyebab Garis Senyum di Wajah dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita tersenyum. Unsplash.com/Lesly Juarez

Ilustrasi wanita tersenyum. Unsplash.com/Lesly Juarez

IKLAN

Berikut beberapa perawatan yang dapat menyamarkan garis senyum menurut para ahli.

#1. Filler
Perawatan yang paling umum untuk garis tawa di sekitar mulut adalah filler. Tapi dokter bedah plastic David Shafer menekankan pentingnya menemukan ahli bersertifikat yang memahami nuansa anatomi wajah. "Jika terlalu banyak pengisi ditempatkan di kerutan, hasilnya akan terlihat halus namun juga bisa terlihat bengkaks sehingga tampilannya aneh di sekitar mulut," katanya. Shafer lebih memilih pendekatan konservatif, dengan satu jarum dan mengevaluasi kembali dalam satu minggu atau lebih untuk melihat responsnya.

Sementara ahli kulit Morgan Rabach lebih menyukai filler karena hasilnya langsung terlihat. "Filler terdiri dari asam hialuronat, molekul gula alami yang ditemukan di bawah kulit," katanya. "Tidak seperti Botox yang membutuhkan sekitar satu minggu untuk hasilnya.”

#2. Botox
Ketika kita tersenyum dan tertawa, mulut kita bukanlah satu-satunya bagian dari wajah kita yang bergerak. Mata kita menjadi lebih berekspresi dan membentuk kerutan saat kita menggerakkan otot-otot itu. Untuk menyanarkan garis tawa yang muncul di dekat mata kita, ketiga dokter kulit menyarankan untuk menggunakan Botox. "Lama-kelamaan, rasanya seperti tidak meremas selembar kertas yang kusut," kata Bae. "Ini adalah mekanisme aksi yang sama ketika digunakan di bagian lain dari wajah."

Morgan Rabach mengatakan dia biasa menggunakan Botox di daerah atas wajah antara alis, dahi, dan di sekitar mata. Anda akan mulai melihat hasilnya setelah satu minggu dan dapat bertahan selama sekitar tiga hingga enam bulan, tergantung pada seberapa cepat Anda memetabolisme Botox.

#3. Bisakah tanpa jarum?
Sementara eksfoliasi kulit tidak langsung mengurangi tampilan garis senyum, namun juga membantu menghaluskan kulit secara keseluruhan. Cindy Yoon-Soon Bae mendorong eksfoliasi kulit secara lembut setiap hari dengan pembersih yang mengandung ekfolian fisik atau kimia atau produk topikal apa pun dengan asam alfa hidroksi.

#4. Kandungan perawatan kulit untuk menyamarkan keruta
Anda juga dapat mengurangi penampilan garis senyum melalui rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Cari produk yang mengandung bahan-bahan seperti retinol atau vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen. Selain tiu, Anda juga dapat mencari serum atau krim dengan asam hialuronat agar kulit tetap terhidrasi dan kenyal.

#5. Kebiasaan sehari-hari
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi munculnya kerutan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Rabach mengatakan untuk memulai dengan kebiasaan baik seperti tidur cukup di malam hari, minum secukupnya, dan tetap menjaga kulit terhidrasi agar tetap sehat. Sementara Bae menekankan pentingnya menggunakan tabir surya setiap hari. "Tabir surya harian dapat membantu melestarikan kolagen alami Anda dan membantu mencegah garis yang memburuk," katanya.

Terakhir, ketiga dokter kulit itu menyebutkan bahwa merokok sebagai salah satu penyebab eksternal yang dapat menyebabkan garis tawa di sekitar mulut menjadi lebih terlihat.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."