Awas, Kulit Bersisik Menandakan 3 Penyakit Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi Perioral Dermatitis. Wikipedia.org

Ilustrasi Perioral Dermatitis. Wikipedia.org

IKLAN

Umumnya, kulit bersisik muncul akibat lapisan kulit paling luar mengalami gangguan. Akibatnya, lapisan kulit yang mengandung minyak ini kurang efektif untuk menyimpan air dan mempertahankan kelembapannya. Inilah yang kemudian tampak sebagai kulit kering dan bersisik. Ketidakmampuan kulit dalam mempertahankan kelembapan biasanya disebabkan oleh kurang asupan cairan, proses penuaan, dan kulit yang sering terpapar sinar matahari atau bahan kimia. 

Kondisi kulit kering atau kulit bersisik yang tidak parah umumnya dapat diatasi sendiri dengan langkah-langkah berikut:

#1. Pilih sabun mandi yang tepat
Penderita kulit bersisik sebaiknya memilih sabun dengan kandungan kimia yang ringan dan lembut. Tidak lupa juga dengan kandungan bahan-bahan pelembap agar tidak menyebabkan iritasi kulit, sekaligus membantu dalam melapisi kulit dengan zat yang dapat mempertahankan kelembapan.  Sebagai contoh, Anda bisa memilih sabun yang mengandung bahan, seperti hyaluronic acid atau glycerin. Selain itu, kurangi kebiasaan mandi dengan air panas karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering. 

#2. Lakukan eksfoliasi
Eksfoliasi atau scrub dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menimbulkan penampakan sebagai kulit bersisik. Sama seperti sabun, pilihlah produk scrub dengan kandungan kimia yang ringan. Anda juga sebaiknya tidak menggosok kulit terlalu keras karena aktivitas ini justru bisa menyebabkan iritasi. Selain menghilangkan sel-sel kulit mati, proses eksfoliasi bisa pula membantu dalam memperbaiki aliran darah. Dengan ini, tekstur kulit akan nampak lebih halus dan lebih cerah. 

3. Gunakan pelembap
Pelembap akan membantu lapisan kulit terluar untuk menahan cairan, sehingga mencegah kulit kering. Pilih krim atau losion pelembap dengan kandungan alpha hydroxyl acid dan beta hydroxyl acid yang bisa membantu pengelupasan serta pembuangan sel-sel kulit mati, serta menghindari penampakan kulit bersisik.  Anda juga bisa memilih pelembap dari bahan-bahan yang yang lebih alami. Misalnya, shea butter, minyak zaitun, atau minyak dari buah alpukat sebagai pelembap kulit. 

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."