Ketahui Takaran Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi keramas. bebelu.ro

Ilustrasi keramas. bebelu.ro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Supaya rambut tetap sehat dan terlihat indah membutuhkan perawatan yang rutin. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat mencuci rambut atau menerapkan produk perawatan lainnya, yaitu seberapa banyak pemakaiannya.

Baca juga: Salah Pilih Gaya Rambut, Siasati dengan 6 Trik Ini

Jika menggunakan dalam jumlah terlalu banyak dari setiap formula, tidak hanya bisa merusak rambut tapi juga bisa membuat banyak produk terbuang sia-sia. Berikut adalah panduan jumlah yang tepat untuk menggunakan setiap produk perawatan rambut seperti dilansir dari laman Hello!

#1. Sampo
Jumlah sampo ideal yang dibutuhkan tergantung pada berbagai faktor, seperti tekstur rambut dan panjangnya. Namun, sekitar 10 mililiter atau dua sendok teh sampo penuh cukup untuk menghasilkan busa pada rambut yang lembap dan membersihkan helainya. Rambut pendek atau halus mungkin membutuhkan sampo yang jauh lebih sedikit, yaitu seukuran buah ceri.

#2. Kondisioner
Tidak jauh berbeda dengan penggunaan sampo. Jika terlalu banyak menggunakan kondisioner juga berdampak pada rambut. Untuk rambut pendek sampai sedang, sesendok conditioner seukuran raspberry sudah cukup, tapi untuk rambut lebih panjang butuh dua kali lipatnya. Aplikasikan dari pertengahan ke ujung rambut.

#3. Masker rambut
Masker rambut sangat bagus untuk rambut yang mudah kusut atau bercabang, Secara umum seukuran bola golf seharusnya cukup untuk melapisi helai rambut. Sedangkan pada rambut halus, hindari melapisi masker terlalu banyak pada bagian tengah.

#4. Serum
Hati-hati saat menggunakan serum atau minyak, perhatikan petunjuk aplikasi. Namun secara umum produk ini paling baik diaplikasikan pada ujung rambut yang basah. Mereka yang berambut halus dapat menggunakannya seukuran butiran nasi, sementara yang memiliki rambut tebal setara dengan hazelnut.

#5. Gel
Gel identik dengan gaya rambut tahun 80-an. Saat ingin styling rambut ikal atau pendek, gunakan beberapa semprotan saja. 

#6. Wax
Gunakan produk wax satu sendok berbentuk kacang polong dan usapkan di antara tangan untuk menghangatkan sebelum diaplikasikan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."