8 Tips Mengatasi Rambut Berminyak

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

kecantikan

8 Tips Mengatasi Rambut Berminyak

Rabu, 26 Juni 2019 17:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut berminyak seperti kulit berminyak. Namun tentu saja, tipe rambut juga berperan menyebabkan minyak muncul. Meski berusaha menutupinya dengan topi, rambut berminyak tetap terlihat mengganggu penampilan.

Baca juga: Rutinitas Perawatan Kulit dan Rambut Sophie Turner yang Simpel

Jika merasa rambut Anda terlalu berminyak, ada beberapa hal yang dapat lakukan untuk mengendalikan produksi minyak di kepala. Metode ini pun bisa bertahan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tapi yang lebih penting Anda harus mengevaluasi dan memahami kebiasaan perawatan rambut sehingga Anda tahu cara memperbaikinya dengan benar. Berikut ini delapan langkah yang bisa Anda ambil untuk memiliki rambut sehat seperti dilansir dari laman Bustle.

#1. Gunakan conditioner Menerapkan kondisioner di seluruh rambut dapat, menyebabkan akar berminyak. Sebagai gantinya, cukup oleskan kondisioner dari pertengahan ke ujung rambut. Piliha kondisioner yang dirancang untuk rambut berminyak, sehingga membuat terasa halus dan menambah volume rambut.

#2. Gunakan Bedak Bayi Jika Anda lebih suka menggunakan cara lama, pilihlah bedak bayi alih-alih sampo kering. Ini akan bekerja dengan cara yang sama jika menaburkan di akar rambut dan menggosoknya. Jika Anda memiliki rambut gelap dan bedak bayi menyebabkan terlalu banyak sisa-sisa bedak berwarna putih, gunakan bronzer untuk menyamarkan.

#3. Gunakan dry shampoo Yang jelas, ya, tapi dry shampoo tidak hanya akan menyedot minyak dari akar tapi jika menghilangkan minyak pada rambut seketika.

#4. Lebih sedikit mencuci rambut Jika minyak di kulit kepala secara konstan dihilangkan, semakin kuat kulit kepala untuk menggantikan minyak itu. Pada akhirnya membuat rambut lebih berminyak dalam jangka waktu dekat. Jadi, jika Anda terbiasa mencuci rambut setiap hari, ganti jadi dua kali sehari, lalu bertahap setiap tiga hingga empat hari.

#5. Perbaiki cara menyisir Jarang menyisir rambut mencegah minyak alami tersebar merata di seluruh rambut, sehingga hanya menumpuk di kulit kepala. Sebaliknya, jika berlebihan dapat merangsang produksi minyak. Jadi, pastikan untuk menemukan keseimbangan untuk rambut Anda.

#6. Pilih Produk Anda dengan Bijak Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak mouse dan gel yang dapat menyebabkan penumpukan. Coba juga untuk menghindari produk yang membuat rambut "berkilau" karena ini dapat membuat rambut yang cenderung berminyak terlihat lebih berminyak. Lebih baik lagi Anda tidak menggunakan produk styling rambut.

#7. Usahakan tidak menyentuh rambut Hal ini termasuk menyentuh rambut dengan tangan atau wajah. Karena ujung jari dan wajah Anda menghasilkan minyak yang dapat dengan mudah berpindah pada rambut, jadi hindari memainkan rambut dengan tangan atau gaya rambut yang terlalu banyak untuk menyentuh wajah Anda.

#8. Hindari Meluruskan Rambut Semakin dekat rambut dengan kepala, semakin banyak minyak yang bersentuhan dengannya. Rambut keriting yang alami atau tidak memberikan volume lebih banyak pada akar yang membuat rambut tidak terlalu berminyak terlalu cepat.