7 Faktor Penunjang Kesehatan dan Kekuatan Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut jadi mahkota untuk setiap wanita. Tak heran jika para wanita melakukan berbagai cara untuk mempertahankan kesehatan dan kekuatan rambut. 

Baca juga: Jenis Makanan yang Bikin Rambut Sehat dan Kuat

Namun, selain perawatan rambut dan makanan bernutrisi, ada faktor lain yang harus diperhatikan untuk mempertahankan kesehatan dan kekuatan rambut. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak mengganggu kesehatan rambut. 

#1. Hormon
Pada wanita hormon sangat berpengaruh pada keindahan rambut. Umumnya wanita yang mengalami menopause dan setelah melahirkan, pengalaman kehilangan rambut adalah hal yang wajar. Keseimbangan hormon merupakan penyebabnya. Sekali keseimbangan hormon didapat, rambut Anda akan kembali tumbuh sehat. Ketidaksuburan rambut juga disebabkan fungsi tiroid yang kurang maksimal.

 

#2. Rokok
Rokok  dapat menghancurkan vitamin C yang Anda konsumsi. Padahal vitamin C merupakan zat yang dapat meremajakan sel kulit kepala dan membuang racun dari tubuh. Rokok berpeluang menghambat peredaran darah, yang berarti menghambat nutrisi yang masuk ke dalam kulit dan rambut, serta menghambat pembuangan kotoran.

#3. Genetik 
Kerontokan atau kebotakan pada pria mungkin bisa diatasi dengan segala macam pengobatan dari luar dan dalam, tapi faktor genetik kadang tak dapat dihindari.

#4. Obat 
Sejumlah obat sangat tidak bersahabat untuk rambut, misalnya saja obat kemoterapi yang digunakan pasien penderita kanker.

#5. Lingkungan 
Peran lingkungan sekitar dalam menyumbang porsi kerusakan pada rambut sangat besar. Udara yang tercemar, ventilasi yang kurang baik dapat menyebabkan rambut kering dan rusak. Air yang mengenai kepala saat berenang juga bisa mengiritasi kulit kepala. Faktor pajanan sinar matahari sangat berperan penting pada kesehatan rambut. Untuk itu, biasakan rambut tertutupi topi saat matahari tengah terik-teriknya.

#6. Proses pada rambut 
Proses yang salah seperti pewarnaan, pemanasan, pengeringan, hingga pemilihan produk yang salah bisa membuat rambut stres dan lelah. Sehingga masalah yang Anda hadapi pun akan semakin banyak.  

#7. Stres 
Tekanan pada fisik saja sudah membaut rambut berpengaruh. Apalagi tekanan pada mental. Stres sangat memengaruhi kesehatan organ tubuh. Stres kadang membuat orang tidak sadar telah menyakiti organ tubuh termasuk rambut. Ciri-ciri rambut pada mereka yang stres adalah rontok dan kusam.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."