Ingin Punya Rambut Sehat, Pilih Makanan Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
rambut sehat dan kuat

rambut sehat dan kuat

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Punya rambut yang sehat adalah keinginan banyak orang. Mereka melakukan perawatan rambut untuk mendapat hasil maksimal. Namun yang tak kalah penting, makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh penting pada kondisi rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan menawan, cobalah konsumsi makanan berikut.

#Sayuran berwarna hijau gelap
Brokoli, bayam, merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat besar, yang sangat membantu tubuh memproduksi sebum. Substansi minyak itu rahasia kesehatan rambut dan merupakan kondisioner alami yang sangat bagus. Selain itu kebanyakan sayuran berdaun hijau gelap kaya kalsium dan zat besi.

#Biji-bijian
Kacang polong dan lentil (miju-miju) tak hanya menyediakan protein yang berguna untuk menyuburkan rambut, tapi juga mengandung zat besi, seng, dan biotin yang membuat rambut kuat dan sehat.

Ilustrasi kacang-kacangan. Pixabay.com

#Kacang-kacangan
Kacang Brasilia merupakan sumber selenium terbaik, yakni mineral yang menolong kesehatan kulit kepala. Kenari mengandung asam alfa-linoleat dan asam lemak omega-3 yang membantu kondisi rambut. Almond dan pecan sangat bagus untuk rambut karena mengandung seng.

#Unggas
Ayam dan kalkun mengandung protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. “Tanpa protein yang seimbang atau dengan protein berkadar rendah, seseorang akan mengalami rambut yang mudah patah. Kekurangan yang parah membuat rambut mudah rontok bahkan menipis,” jelas Andrea Giancoli, ahli diet dari Los Angeles, Amerika Serikat. Protein yang berasal dari unggas juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menambah vitalitas tubuh, yang akhirnya memacu pertumbuhan yang baik.

Ilustrasi telur ceplok. Pexels.com

#Telur
Apa pun jenis hidangannya, direbus, goreng, orak-arik, atau setengah matang, dipastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangat baik untuk rambut karena telur mengandung protein yang tinggi, biotin, dan vitamin B-12.

#Gandum
Gandum mengandung seng, zat besi, dan vitamin B yang sangat baik untuk membangun sel tubuh, termasuk kulit dan rambut.

#Tiram
Mungkin banyak orang yang tahu makanan ini lebih dikenal sebagai afrodisiak alias makanan yang mengundang gairah seksual. Namun kandungan seng yang besar sangat bermanfaat mendukung pertumbuhan sel tubuh. Selain dianggap baik karena mengandung antioksidan yang tinggi, juga sangat baik untuk kesuburan dan kesehatan rambut.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."