Kiat Menjaga Keindahan Kuku dengan 6 Bahan dari Dapur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi manikur

Ilustrasi manikur

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kuku yang kusam, rapuh, dan kotor tentu dapat mengganggu penampilan. Tidak hanya kulit yang perlu dijaga, kuku juga harus diperhatikan. Agar kuku sehat bercahaya, kita memerlukan perawatan dari luar dan dalam. Manfaatkan 6 bahan yang ada di dapur berikut ini untuk menjaga keindahan dan kesehatan kuku. 

Minyak zaitun 
Ilustrasi minyak zaitun. itsfordinner.com

Tidak hanya kulit atau rambut, kuku pun bisa kering bila tidak diperhatikan dengan baik. Kuku yang kering biasanya rapuh dan kusam. Untuk menghindarinya, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun tidak hanya berkhasiat menjaga kelembapan kulit dan rambut, tapi juga kuku. Oleskan minyak zaitun pada kuku sekaligus jari secara rutin setiap malam. Ini tidak hanya membuat kuku sehat bercahaya, tapi juga melembutkan jari. 

Garam  
Garam yang mengandung mineral dan bersifat antibakteri bermanfaat membersihkan kuku Anda dari kotoran maupun jamur kuku. Larutkan 2-3 sendok makan garam ke dalam semangkuk kecil air hangat. Rendam kuku selama 10 menit di dalam larutan ini lalu gosoklah kuku Anda menggunakan sikat khusus kuku. Setelah itu bilas dan keringkan dengan handuk bersih.  

Baca juga: Tren Bentuk Kuku Baru, Jennifer Lopez Sudah Terapkan

Cuka apel 
Pemakaian cat kuku yang terlalu sering umumnya membuat warna asli kuku menguning dan kehilangan kilaunya. Zat asam dalam cuka apel berkhasiat memulihkan warna kuku Anda yang menguning maupun kusam. Selain itu, cuka apel juga bisa menyingkirkan kuman atau bakteri yang menempel pada kuku. Rendamlah kuku di dalam 3-4 sendok makan cairan cuka apel selama 10 menit, kemudian sikat menggunakan sikat khusus kuku. Setelah itu basuh kuku dengan air dingin. Jika rutin melakukannya, kuku akan bercahaya seperti sedia kala. Pastikan Anda sedang tidak menggunakan cat kuku ketika melakukan perawatan ini. 

Ilustrasi cuka apel. shutterstock.com

Jeruk nipis
Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis berkhasiat membuat kuku bersih dan kuat. Bagi jeruk nipis menjadi beberapa irisan lalu gosokkan ke kuku hingga kuku bersih dan bercahaya. Setelah itu basuhlah kuku Anda dengan air hangat dan sabun. Untuk sentuhan akhir, oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun pada jari tangan dan kuku demi kelembapan dan keindahannya.

Tomat 
Apa yang kita makan atau minum ternyata berdampak pada tubuh, kulit, rambut hingga kuku. Tomat yang mengandung vitamin A dan C misalnya, tidak hanya mencerahkan kulit dari dalam, tapi juga berkhasiat menguatkan dan mencerahkan kuku. Anda bisa mengonsumsi tomat dalam bentuk jus atau cukup memotong-motongnya dan mencampurkannya ke dalam sajian selada. Jika Anda memilih jus tomat untuk dikonsumsi setiap pagi, disarankan mengganti gula dengan madu agar lebih sehat. 

Telur
Agar tumbuh kuat, sehat, dan bercahaya, kuku juga membutuhkan asupan protein. Asupan protein salah satunya bisa didapatkan dari telur. Selain kaya protein, dari segi harga telur juga relatif terjangkau. Mengonsumsi 1 butir telur rebus setiap pagi harinya sudah membantu menjaga kekuatan kuku Anda. Selebihnya Anda bisa memperbanyak porsi asupan sayuran, ikan, dan kacang-kacangan. 

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."