Tiba-tiba Cemas Saat Bekerja di Kantor, Simak 8 Tips Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita kerja terburu-buru. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kerja terburu-buru. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada kalanya Anda mungkin mengalami rasa cemas atau panik ketika sedang bekerja. Tak perlu khawatir kecemasan atau serangan panik dapat diatasi sehingga tidak mempengaruhi aktivitas dan pekerjaan di kantor. Ingat, yang paling penting adalah tidak apa-apa untuk merasa cemas, dan pertama-tama dan terutama, cobalah bersikap rileks dan tidak menghakimi diri sendiri karena mengalaminya.

Baca juga: Cara Hailey Baldwin Mengatasi Kecemasan

"Panik adalah perasaan tidak nyaman di tubuh, hasil dari insting 'melawan, melarikan diri, kaku karena ketakuan, ' yang diprogramkan untuk dirasakan manusia," ujar terapis trauma Joanne Mackie, LMHC, New York, Amerika Serikat. Seperti dilansir dari laman Bustle, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kecemasan di tempat kerja.

#1. Sebutkan nama, bentuk, dan suara
Fokus pada apa pun selain pikiran cemas Anda adalah kunci. "Jika Anda tidak harus terlibat dalam percakapan saat ini, diam-diam sebutkan empat bentuk, warna, suara dan tekstur di lingkungan terdekat Anda," Dr. Karin Lawson, seorang psikolog klinis. Dengan fokus pada sesuatu yang netral secara emosional yang juga membutuhkan pemikiran dan konsentrasi dapat membantu Anda keluar dari pikiran-pikiran yang membuat Anda cemas atau takut.

#2. Jalan-jalan sekitar kantor
Cobalah untuk keluar sejenak dari tempat kerja Anda dan berjalan-jalan di sekitar gedung, taman, di belakang tempat parkir, atau duduk untuk menarik napas dalam-dalam. "Jika mungkin, bawa diri Anda keluar. Tindakan berjalan ke pintu keluar akan membantu melepaskan energi cemas," kata Lawson. "Pemandangan baru berada di luar akan berpotensi membantu mengalihkan perhatianmu dari pikiran menyedihkan saat ini dan kamu akan bernafas lebih dalam saat berjalan."

#3. Latihan nafas
Yang ini membutuhkan sedikit latihan. Sebelum kecemasan muncul, berusahalah memastikan Anda tahu seperti apa rasanya bernapas dalam-dalam, kata Lawson. Meski sering dianggap klise, bernapas dalam-dalam dapat membantu sistem saraf kita mengambil lebih banyak oksigen ketika kecemasan muncul.

Selanjutnya: Cara berlatih nafas dalam-dalam

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."