Tiba-tiba Cemas Saat Bekerja di Kantor, Simak 8 Tips Mengatasinya

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 27 Juni 2019 20:45 WIB
Tiba-tiba Cemas Saat Bekerja di Kantor, Simak 8 Tips Mengatasinya

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada kalanya Anda mungkin mengalami rasa cemas atau panik ketika sedang bekerja. Tak perlu khawatir kecemasan atau serangan panik dapat diatasi sehingga tidak mempengaruhi aktivitas dan pekerjaan di kantor. Ingat, yang paling penting adalah tidak apa-apa untuk merasa cemas, dan pertama-tama dan terutama, cobalah bersikap rileks dan tidak menghakimi diri sendiri karena mengalaminya.

Baca juga: Cara Hailey Baldwin Mengatasi Kecemasan

"Panik adalah perasaan tidak nyaman di tubuh, hasil dari insting 'melawan, melarikan diri, kaku karena ketakuan, ' yang diprogramkan untuk dirasakan manusia," ujar terapis trauma Joanne Mackie, LMHC, New York, Amerika Serikat. Seperti dilansir dari laman Bustle, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kecemasan di tempat kerja.

#1. Sebutkan nama, bentuk, dan suara
Fokus pada apa pun selain pikiran cemas Anda adalah kunci. "Jika Anda tidak harus terlibat dalam percakapan saat ini, diam-diam sebutkan empat bentuk, warna, suara dan tekstur di lingkungan terdekat Anda," Dr. Karin Lawson, seorang psikolog klinis. Dengan fokus pada sesuatu yang netral secara emosional yang juga membutuhkan pemikiran dan konsentrasi dapat membantu Anda keluar dari pikiran-pikiran yang membuat Anda cemas atau takut.

#2. Jalan-jalan sekitar kantor
Cobalah untuk keluar sejenak dari tempat kerja Anda dan berjalan-jalan di sekitar gedung, taman, di belakang tempat parkir, atau duduk untuk menarik napas dalam-dalam. "Jika mungkin, bawa diri Anda keluar. Tindakan berjalan ke pintu keluar akan membantu melepaskan energi cemas," kata Lawson. "Pemandangan baru berada di luar akan berpotensi membantu mengalihkan perhatianmu dari pikiran menyedihkan saat ini dan kamu akan bernafas lebih dalam saat berjalan."

#3. Latihan nafas
Yang ini membutuhkan sedikit latihan. Sebelum kecemasan muncul, berusahalah memastikan Anda tahu seperti apa rasanya bernapas dalam-dalam, kata Lawson. Meski sering dianggap klise, bernapas dalam-dalam dapat membantu sistem saraf kita mengambil lebih banyak oksigen ketika kecemasan muncul.

Selanjutnya: Cara berlatih nafas dalam-dalam

Anda dapat melatihanya sebelum tidur malam, berbaring telentang dan letakkan tangan di dada dan tangan di perut. Sekarang lihat apakah Anda dapat membuat perut Anda naik dan turun dengan napas, lebih dari dada Anda, kata Lawson. Ketika kita cemas, kita bernapas lebih banyak dari dada, dan kita mengambil lebih banyak napas pendek. "Setelah berlatih ini secara teratur, Anda tidak perlu berbaring telentang untuk mengetahui apakah Anda bernapas dalam-dalam. Ini cara yang sangat portabel dan bijaksana untuk membantu diri sendiri mengurangi kecemasan satu atau dua," kata Lawson. Anda dapat bernapas dalam-dalam saat rapat atau saat panggilan telepon yang memicu kecemasan.

#4. Simpan daftar hal-hal positif
Memiliki sesuatu untuk dilihat dan mengingatkan diri sendiri tentang apa yang membuat Anda merasa stabil dan baik dapat menjadi alat yang sangat berguna saat ini. Coba buat daftar nilai, mantra positif, atau pernyataan mengatasi yang sesuai dengan Anda. "Simpan daftar nilai ini bersama Anda, di ponsel Anda, atau di kartu di dekat meja Anda. Ketika kecemasan muncul, lihat daftar tersebut,” kata Lawson.

#5. Siapkan daftar lagu favorit
Musik adalah cara sederhana untuk memindahkan pikiran-pikiran itu dari kepala Anda dengan cepat. Kumpulkan koleksi lagu yang membuat Anda merasa bahagia atau tenang yang dapat Anda akses di saat-saat sulit dan mendadak itu. "Satu hal adalah menyiapkan daftar putar dengan lagu-lagu yang akan membantu menenangkan Anda," kata psikolog klinis Aimee Daramus, Psy.D, kepada Bustle. "Tidak harus suara alam atau klasik. Gunakan musik apa pun yang cocok untukmu."

#6. Main game di ponsel
Ya, kadang-kadang fitur di ponsel dapat mengalihkan perhatian saat panic. "Untuk membantu Anda fokus pada apa pun selain kegelisahan, permainan video sederhana pada smartphone dapat membantu," kata Daramus. "Tetris, Solitaire, Candy Crush, atau apa pun yang mengganggu kamu dapat membantu. Ada juga aplikasi meditasi seperti Headspace, juga."

#7. Jaga Kebutuhan Dasar Anda
Walaupun mungkin terasa sangat sulit untuk melakukan apa pun di tengah-tengah kecemasan, cobalah lakukan hal-hal dasar seperti makan camilan, pergi ke kamar mandi, buat the atau kirim pesan kepada teman. "Jaga kebutuhan paling dasar seperti air dan berjalan perlahan. Beristirahatlah." Kata Daramus. Ini dapat membantu untuk mengarahkan kembali dan mengingatkan Anda bahwa saat ini, semuanya baik-baik saja, aman, dan tidak ada ancaman nyata.

#8. Menantang pikiran
"Pikiran yang berputar dianggap ancaman yang dibayangkan, jadi tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda takutkan akan terjadi dan bawa diri Anda kembali ke saat ini di mana tidak ada hal-hal itu yang benar-benar terjadi," kata Mackie. 

Semua tips ini dapat sangat berguna untuk sehari-hari. Tapi ingat, jika kecemasan atau masalah kesehatan mental menyebabkan masalah dalam hidup Anda, perlu juga untuk mempertimbangkan bantuan dari seorang professional.