3 Tips Belanja Kosmetik Online Supaya Tak Kena Tipu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi belanja online/libur hemat. Shutterstock

Ilustrasi belanja online/libur hemat. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Produk kecantikan atau kosmetik semakin banyak yang dipasarkan melalui situs belanja online maupun media sosial. Produknya pun beragam dari lokal maupun impor.  Apalagi kosmetik bermerek alias segmen kalangan menengah ke atas banyak ditawarkan dengan harga miring.

Tapi banyak juga dari oknum pedagang yang menjual produk kosmetik palsu atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Bahkan, tak sedikit kasus pembeli melalui situs belanja merasa tertipu. Seorang pedagang kosmetik, Rina Karmila memberikan tips agar tidak tertipu belanja kosmetik online. 

#1. Reputasi pedagang
Rina Karmila mengatakan, di sejumlah situs belanja online menyediakan fitur informasi reputasi pedagang dengan jumlah bintang dan testimoni pembeli tentang produk yang dijual pedagang tersebut. "Semakin banyak yang memberi bintang lima atau nilai maksimal dan banyak yang memberikan testimoni positif, maka pedagang tersebut direkomendasikan untuk menjadi pilihan berbelanja," kata Rina.

Untuk pedagang yang berjualan di media sosial, menurut Rina, ada beberapa langkah untuk mengetahui reputasinya, antara lain dengan melihat seberapa banyak pengikutnya dan keaktifan pedagang di media sosial tersebut. "Semakin banyak pengikut dan semakin banyak pedagang mengunggah penawaran produknya
di media sosial, semakin terpercayalah pedagang tersebut" kaya Rina.

#2. Perbanyak referensi dari banyak sumber
Sebelum berbelanja secara "online", kata Rina, calon pembeli perlu mencari referensi
sebanyak-banyaknya, baik di situs resmi produk yang akan dia beli maupun situs YouTube. "Kenali dahulu karakter pada produk yang asli seperti apa agar tidak tertipu dengan produk palsu saat berbelanja," kata wanita yang dahulu merupakan pengguna produk kosmetik yang dibeli secara "online".

Selain itu, lanjut Rina, pada beberapa produk kosmetik terkenal buatan luar negeri memeliliki karakteristik sering berganti kemasan agar tidak mudah dipalsukan. "Wawasan soal itu harus kita miliki dengan mencari tahu melalui situs resmi produk kosmetik tersebut," kata Rina yang telah berdagang kosmetik secara "online" sejak 2014.

#3. Jangan sungkan untuk bertanya sebelum membeli
Menurut Rina, banyak kasus pembeli tertipu karena malu bertanya kepada pedagang.
"Malu bertanya, tertipu kemudian. Itu sangat berlaku dalam berbelanja kosmetik secara 'online'," kata dia seraya mengingatkan untuk menanyakan soal garansinya. "Kalau ada, itu akan lebih baik."

Sementara itu, seorang konsumen kosmetik yang sering berbelanja secara "online", Citra Wulansari menambahkan tips, yaitu sebaiknya situs belanja online lebih menjadi pilihan dibandingkan media sosial. "Situs belanja 'online' biasanya melindungi konsumen dari potensi penipuan, salah satunya melalui layanan rekening bersama," kata dia. Kalau barang yang diterima ternyata palsu atau tidak sesuai dengan penawaran, barang bisa dikembalikan ke pedagang dan uang bisa kembali ke pembeli. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."