5 Tips Menggunakan Eyelash Extension Supaya Awet dan Tetap Lentik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Teknik pemasangan eyelash extension di gerai Get Beauty! Kebun Jeruk, Jakarta. TEMPO/Astari P Sarosa

Teknik pemasangan eyelash extension di gerai Get Beauty! Kebun Jeruk, Jakarta. TEMPO/Astari P Sarosa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan bulu mata dapat mengubah keseluruhan tampilan makeup. Tak sedikit yang berusaha untuk mempercantik bulu mata agar lentik dalam sekejap. 

Baca juga: Pakai Eyelash Extension, Hati - hati Bulu Mata Menipis

Mulai dari menggunakan bulu mata palsu, dan ada juga yang menambah bulu mata atau eyelash extension. Teknik yang terakhir ini bisa memberikan efek bulu mata panjang, tebal dan lentik semi permanen, serta terkesan natural.

Jika Anda tetrarik mencobanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah Anda melakukan penyambungan bulu mata. Your Pretty Lashes dan Get Beauty! Sunny Marsuryani memberikan kiat agar bulu mata tambahan Anda awet dan tetap lentik.

#1. Hindari kontak air
Hindari kontak dengan air 24 jam setelah pemasangan eyelash extension.
"24 jam pertama jangan kena air. Kecuali kulit jadi sangat sensitif misalnya terasa sedikit perih maka diamkan lagi selama 24 jam," kata Sunny saat pembukaan gerai Get Beauty! di Jakarta Barat, Jumat 14 Juni 2019. Selain itu juga hindari mengucek mata setelah pemasangan agar lem menempel dengan kuat.

#2. Hindari make up oil based
Hindari menggunakan make up atau produk perawatan kulit yang berbahan dasar minyak (oil based) karena bisa merontokkan bulu mata. "Alasan utamanya karena sebenarnya lem yang dipakai untuk menempel eyelash extension ke bulu mata asli itu belum ada yang oil-proof. Jadi ya minimalisir pakai make up yang bahannya
oil," kata Sunny. Pilih micellar water atau cuci muka biasa menggunakan air mengalir untuk membersihkan muka, jangan menggosok area mata.

#3. Jangan pakai maskara
"Kalau sudah pakai eyelash extension tak usah pakai maskara atau penjepit, kan sudah lentik. Tinggal disisir aja sekali-sekali," katanya.

#4. Eyeliner hanya diujung mata
Sementara makeup artist sekaligus beauty vlogger Vinna Gracia mengatakan memakai eyelash extension sebenarnya merupakan salah satu cara untuk mempermudah berias sehingga tak perlu lagi menggunakan eyeliner atau maskara.
"Kalau memang tetap mau pakai eyeliner pakai di ujung-ujungnya saja, selama pakai eyelash extension saran aku hindari makeup berlebih sih," kata Vinna.

#5. Teknik yang benar
Sunny mengatakan pemasangan eyelash extension dengan teknik yang baik tidak akan membuat seseorang merasa sedang memakai bulu mata tambahan. "Kalau tekniknya baik sih harusnya tidak boleh ada rasanya. Kalau habis dipasang rasanya
sakit, pedih seperti ditusuk-tusuk atau terasa berat dan kalau memandang seperti berbayang, langsung minta remove. Yang akan terasa paling cuma sensasi uap sedikit. Kalau selain itu jangan diteruskan karena bisa merusak bulu mata," katanya.

Lebih lanjut Sunny mengatakan sebaiknya jangan melakukan pemasangan bulu mata
tambahan di penyedia jasa yang menawarkan harga murah. "Harga eyelash extension di bawah 100 ribu itu tidak masuk akal karena harga lem-nya aja berapa, harga produk berapa, belum lagi harga effort masang-nya? Jadi saran saya cari ke
tempat-tempat yang sudah tersertifikasi produk dan terapisnya agar aman," kata dia.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."