Ani Yudhoyono Tak Ketinggalan Cokelat Setiap Bepergian

Istri mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono diketahui telah menghembuskan nafas terakhirnya di National University Hospital, Singapura, pada Sabtu 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu setempat. Foto/instagram/@aniyudhoyono

ragam

Ani Yudhoyono Tak Ketinggalan Cokelat Setiap Bepergian

Minggu, 2 Juni 2019 11:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Ani Yudhoyono, istri presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY gemar mencoba makanan khas Indonesia. Selama ini ia dikenal memiliki hobi fotografi. 

Dalam unggahan-unggahan di akun Instagram pribadi, Ani Yudhoyono membagikan kegiatannya bersama SBY saat makan makanan khas daerah atau mengunjungi sentra oleh-oleh makanan. Misalnya, Januari lalu, ia membagikan video mereka sarapan pagi di sebuah rumah makan soto saat berkunjung ke Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Arti Penting Dukungan Keluarga Ani Yudhoyono Melawan Kanker

Saat ke Garut, Jawa Barat, pada November 2018, ibu dua anak ini menyempatkan diri untuk mampir membeli penganan khas daerah tersebut, dodol. "Banyak pilihan rasa, namun, saya tetap suka yang rasa wijen, sedangkan Pak SBY pilih yang rasa kombinasi dan yang dibungkus pakai daun jagung," tulis Ani Yudhoyono dalam keterangan foto di akun @aniyudhoyono.

Pada sesi bincang-bincang Talkshow Rosi bersama Rosiana Silalahi bertajuk "SBY: Makan tanpa sambal, bagai malam tak berbintang" pada Agustus 2016, SBY membocorkan makanan kesukaan Ani Yudhoyono yang tidak pernah absen dibawa: cokelat. "Ada di sini, ada di sini," kata SBY sambil menepuk kantong kiri dan kanan dan tertawa. "Duh, jangan ketahuan," ujar Ani menimpali sambil tertawa.

Ani Yudhoyono dan SBY sedang memilih dodol Garut (Instagram @aniyudhoyono)

Ani membenarkan dia sangat menyukai cemilan cokelat, ke mana pun dia pergi, cokelat tersebut selalu disiapkan untuk menjamunya. "Padahal, pingin yang lain," canda SBY. 

Selain itu Ani Yudhoyono sangat memperhatikan makanan kesukaan masing-masing anggota keluarganya, terutama sang suami yang sangat menyukai makanan pedas. Salah satu tugasnya saat mendampingi SBY pada jamuan makan yaitu mengantongi cabai rawit. Jika tidak ada, mereka membawa saus sambal atau cabai bubuk."Kalau saya kebagian suruh bawa, di tas kecil pas lagi dinner. Kalau lupa, makan jadi tidak enak menurut Bapak. Padahal, dagingnya sudah enak betul," kata dia.

Perhatian Ani Yudhoyono soal makanan juga dirasakan menantunya, Annisa Pohan, istri Agus Yudhoyono. Annisa bergantian dengan anggota keluarga lainnya menjaga  Ani selama menjalani perawatan untuk kanker darah di National University Hospital di Singapura. Pertengahan Mei lalu, Annisa mengunggah kebersamaan dengan Ani Yudhoyono saat berbuka puasa di akun Instagram @annisayudhoyono. "Biasa Memo (panggilan untuk Ani Yudhoyono) paling sibuk nanyain masing-masing anak dan cucu mau berbuka puasa apa karena selera yang berbeda dan Memo berusaha mengakomodasi semua, jadi lah meja makan penuh menampung beraneka jenis makanan," kata Annisa.

Baca juga: Sejak Belum Sakit, Ani Yudhoyono Sudah Memilih Kain untuk Lebaran

Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura setelah beberapa hari ini dirawat intensif akibat kanker darah yang menyerangnya sejak Februari lalu. Ia tidak menyerah dan patah semangat setelah divonis kanker, unggahan-unggahannya selalu menunjukkan semangatnya untuk sembuh, dia juga menyemangati pejuang kanker lainnya untuk sembuh.