Kacang Hijau Jadi Menu Buka Puasa, Rasakan 4 Kebaikannya

Reporter: Antara
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 30 Mei 2019 18:07 WIB
Kacang Hijau Jadi Menu Buka Puasa, Rasakan 4 Kebaikannya

CANTIKA.COM, Jakarta - Biasanya kita berbuka puasa dengan makanan dan minuman manis. Seperti teh manis, kolak termasuk bubur kacang hijau juga lezat untuk disantap saat berbuka puasa.

Baca juga: Prilly Latuconsina Rasakan Manfaat Olahraga Sebelum Buka Puasa

Kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dari melancarkan pencernaan sampai mengurangi risiko penyakit jantung. Berikut ini manfaat kacang hijau seperti dikutip dari keterangan resmi Joyday.

#1. Melancarkan pencernaan

Kacang hijau memiliki kandungan serat makanan dan pati yang dapat membantu memperlancar pencernaan serta membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik yang terdapat dalam saluran cerna. Penting bagi orang yang berpuasa untuk memiliki sistem pencernaan yang lancar, terutama karena ada perbedaan dengan jam makan sehari-hari.

#2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Terdapat kandungan antioksidan serta nutrisi bersifat antiradang pada kacang hijau. Kedua kandungan ini membantu menurunkan tekanan darah dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu,antioksidan pada kacang hijau juga dapat mengurangi kolesterol LDL yang meningkatkan kemungkinan menderita penyakit jantung.

#3. Membantu menjaga berat badan
Kandungan serat dan protein yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu membuat perut kenyang dengan lebih cepat dan lebih lama. Dengan demikian, Anda bisa mengontrol nafsu makan dan tidak mengonsumsi makanan berlebih terutama saat berbuka puasa.

Baca juga: Resep Bubur Kacang Hijau Favorit Keluarga untuk Buka Puasa

#4. Membantu mencegah pitam panas (heatstroke)
Bagi orang yang tinggal di daerah dengan udara tropis dan panas seperti Indonesia, sangat baik untuk mengonsumsi kacang hijau karena kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terbentuk saat pitam panas.