Tips agar Tetap Kuat Puasa saat Mudik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi mudik Lebaran. TEMPO/Franoto

Ilustrasi mudik Lebaran. TEMPO/Franoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat melakukan perjalanan jauh dalam rangka mudik Lebaran, banyak orang yang tetap ingin tetap berpuasa. Buat yang masih tetap ingin berpuasa meskipun sedang melakukan perjalanan jauh, lakukan hal yang tepat agar puasa tak batal.

Coba lakukan empat hal ini, pastinya puasa tak akan terganggu meski sedang mudik.

#Mudik saat malam hari
Mudik di malam hari memang menjadi alternatif terbaik buat yang ingin tetap kuat berpuasa. Melakukan perjalanan saat malam hari tentunya lebih menguntungkan karena bisa makan dan minum. Selain itu, kita juga tidak akan kepanasan karena sinar matahari yang bisa membuat tubuh cepat dehidrasi.

Baca juga:

Tips Berpakaian agar Perjalanan Mudik Nyaman


Tips Mudik dengan Anak-anak dari Ria Miranda

#Sediakan camilan agar tidak mengantuk
Salah satu kendala saat perjalanan mudik Lebaran di malam hari ialah datangnya kantuk. Untuk menghindari kantuk, coba siapkan banyak camilan yang tak mengenyangkan. Jika membawa makanan yang mengenyangkan, nantinya malah jadi lebih mengantuk. Jangan lupa bawa banyak persediaan air minum agar badan tidak kekurangan cairan sebab salah satu hal yang bisa membuat mengantuk adalah kekurangan cairan.

#Mengendarai kendaraan bergantian
Agar badan tidak mudah lelah, sebaiknya mengendarai kendaraan secara bergantian. Melakukan mudik lebaran dengan kendaraan pribadi memang memiliki sejumlah keunggulan, seperti bisa bergantian mengendarai kendaraan. Saat badan sudah merasa capek dan lemas, lebih baik minta orang lain untuk mengendarai kendaraan dan jangan terlalu memaksakan diri.

#Sering mampir di tempat istirahat
Saat musim mudik Lebaran seperti ini pastinya banyak didirikan posko-posko peristirahatan di sepanjang jalan. Jadi, kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Cobalah untuk sering mampir di tempat peristirahatan tersebut untuk meregangkan tubuh atau hanya untuk mampir ke toilet. Saat beristirahat cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti menggerakkan kaki, tangan, dan juga leher agar keadaan tubuh bisa kembali lebih baik dan tak capek.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."