Mudik Jarak Dekat Naik Sepeda Motor, Jangan Abaikan Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi mudik menggunakan motor. Adem Salvarcioglu/Anadolu Agency/Getty Images

Ilustrasi mudik menggunakan motor. Adem Salvarcioglu/Anadolu Agency/Getty Images

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berbagai moda transportasi tersedia untuk mudik Lebaran. Tapi sejumlah orang tetap meilih bermudik dengan sepeda motor, khususnya untuk perjalanan jarak dekat.

Dengan karakteristik sepeda motor, bukan hanya kondisi fisik yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pemudik tetapi juga kondisi kendaraan. Berikut enam hal yang harus diperhatikan menurut Shop&Bike.

Baca juga:
3 Tips Mudik Lebaran Berjalan Lancar Tanpa Kendala

#Pengecekan menyeluruh
Melakukan pengecekan menyeluruh kendaraan yang akan digunakan maksimal satu pekan sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

#Buat rencana perjalanan
Pemudik menggunakan motor diimbau membuat perencanaan perjalanan dengan baik, termasuk mencari dan mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

#Selalu waspada
Waspada saat berkendara dengan memperhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri kendaraan dengan selalu memperhatikan jarak antara kendaraan baik di depan maupun belakang.

Ilustrasi pemudik kendaraan roda dua/ motor. Adem Salvarcioglu/Anadolu Agency/Getty Images

#Istirahat
Jika pengemudi lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di tempat istirahat untuk beristirahat. Saat beristirahat, pastikan kembali melakukan pengecekan terhadap motor di beberapa bagian penting.

#Perlengkapan wajib
Perhatikan juga perlengkapan berkendara wajib yang aman dan nyaman untuk digunakan seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Kemudian siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

#Surat kendaraan hingga alat darurat
Jangan melupakan hal-hal penting lain, seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat darurat, termasuk peralatan P3K agar selalu siap sedia di kendaraan.

Artikel lain:

Tips Mudik dengan Anak-anak dari Ria Miranda

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."