Manfaat Positif Kurangi Penggunaan Media Sosial untuk Kesehatan

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yayuk Widiyarti
Sabtu, 25 Mei 2019 17:16 WIB
Manfaat Positif Kurangi Penggunaan Media Sosial untuk Kesehatan

CANTIKA.COM, Jakarta - Media sosial terus menjadi bahan diskusi setelah pemerintah Republik Indonesia membatasi akses terhadap media sosial, khususnya penyebaran video dan gambar, setelah aksi unjuk rasa 22 Mei 2019. Walaupun membatasi penggunaan media sosial juga dilihat sebagai cara untuk membatasi akses pada informasi akurat, mengurangi penggunaan media sosial bisa menjadi suatu hal yang positif pada kesehatan.

Dilansir dari SELF, mengurangi penggunaan media sosial memiliki banyak manfaat positif pada kesehatan, terutama kesehatan mental.

Baca juga:

Pantau Aktivitas Anak di Media Sosial, Pahami f-Insta dan r-Insta

#Tidur lebih tenang
Sebuah survei yang dilakukan oleh Bank of America terhadap 1.000 orang dewasa di Amerika Serikat menemukan bahwa 71 persen orang Amerika tidur dengan atau di sebelah ponsel. Menurut National Sleep Foundation, cahaya biru yang dipancarkan layar ponsel dapat mengganggu produksi melatonin tubuh, hormon yang bertanggung jawab untuk membantu tidur. Melihat media sosial tepat sebelum mata tertutup dapat mengganggu kemampuan untuk tidur. Memisahkan diri dari media sosial mungkin membuat Anda menghabiskan lebih sedikit waktu dengan ponsel, yang bisa membantu tidur lebih cepat dan tenang.

#Mengurangi kecemasan
Penggunaan media sosial dan teknologi yang berlebihan dikaitkan dengan banyak hal yang berhubungan dengan kesehatan mental, seperti kecemasan yang tinggi, kualitas hidup yang rendah, dan depresi. Walaupun tidak selalu teknologi dan media sosial yang menyebabkan hal-hal buruk tersebut. Jacob Barkley, Ph.D., profesor psikologi di Kent State University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa berhenti sejenak dari teknologi dapat membantu banyak orang mengurangi kecemasan. Mengurangi penggunaan media sosial dapat mengurangi kewajiban beberapa orang untuk berkomunikasi secara konstan.

#Bisa melakukan kegiatan yang lebih aktif
Mengurangi penggunaan media sosial juga bagus untuk kesehatan fisik. Dengan memindahkan waktu yang seringkali digunakan pada media sosial untuk kegiatan yang lebih aktif, seperti olahraga, jalan-jalan dengan teman, mendaki gunung, pergi ke taman, dan sebagainya.

Artikel lain:
5 Tips Kurangi Kecanduan Media Sosial