Ramadan Waktu Tepat Ajarkan Nilai Kebaikan kepada Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi anak dan Ramadan. AP

Ilustrasi anak dan Ramadan. AP

IKLAN


Cara mengajar anak-anak seni memberi dan berbelas kasih
Komunikasikan 'mengapa' dari nilai yang Anak-anak tidak pelajari dari “karena saya berkata begitu”. Orang tua perlu menjelaskan kepada anak-anak mengapa penting untuk berbelas kasih kepada orang lain dan mengapa orang lain mendapat manfaat darinya. Cari kesempatan untuk memberi contoh belas kasih kepada anak-anak adalah kuncinya. Ajari anak-anak nilai membantu orang lain, bahkan ketika itu tidak nyaman untuk melakukannya.

Jangan hanya mengajar: mewujudkannya: Kasihanilah anak-anak Anda. Cara terbaik bagi anak-anak untuk mengetahui apa itu empati dan kasih sayang, adalah bagi mereka untuk mengalaminya langsung dari Anda. Merawat anak-anak ketika mereka merasa terluka atau sakit adalah cara yang berdampak untuk mengajarkan empati dan kasih sayang.

Libatkan anak-anak dalam pekerjaan amal. Libatkan anak-anak Anda melakukan kebaikan secara acak adalah cara yang bagus untuk mengajarkan nilai ini kepada mereka. Selama bulan Ramadan, misalnya berbagi kepada sesame lingkungan Anda dan untuk menunjukkan kepada anak-anak Anda bagaimana mereka bisa memberikan makanan kepada mereka yang kurang beruntung daripada mereka.

Terakhir, ada banyak cara untuk menciptakan iklim berbagi di rumah. Orang tua dapat mendorong anak-anak untuk berbagi mainan, permen, atau tempat tinggal mereka dengan saudara mereka.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."