Buat Ibu Hamil yang Mau Mudik Lebaran, Simak 4 Tips Ini

Ilustrasi ibu hamil berpikir. shutterstock.com

ragam

Buat Ibu Hamil yang Mau Mudik Lebaran, Simak 4 Tips Ini

Rabu, 22 Mei 2019 11:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi perantau di kota besar seperti Jakarta tak akan melewatkan momen mudik Lebaran untuk melepas rindu dan berkumpul dengan keluarga. Beragam kebutuhan pun sudah disiapkan dari jauh hari sebelumnya.

Baca juga: Mitos Posisi Rahim Bisa Terbalik atau Miring, Ini Faktanya

Namun, bagi Anda yang sedang hamil ada beberapa tips yang dapat dilakukan jika ingin mudik Lebaran tahun ini. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah, Muhammad Fadli melalui keterangan pers, memberikan beberapa tips untuk ibu hamil yang akan mudik Lebaran.  

#1. Memeriksakan kehamilanSebelum melakukan perjalanan, ibu hamil diwajibkan untuk berkonsultasi dengan ahli. Ini untuk mengetahui perkembangan janin dan kondisi ibu hamil. Sebab, perjalanan mudik membutuhkan waktu yang lama, sehingga mereka pun harus memiliki kondisi fisik dan mental yang prima agar janin terhindar risiko pendarahan dan kontraksi dini.

#2. Pemilihan moda transportasiIni merupakan faktor penting yang harus dipikirkan. Menurut Fadli, bagi ibu hamil yang ingin mudik agar memilih moda transportasi dengan waktu tempuh paling singkat. Namun, apabila hal tersebut tidak memungkinkan, usahakan untuk berhenti di rest area secara periodik. Ini berguna agar ibu hamil dapat stretching dan beristirahat.

#3. Memastikan asupan airSeperti yang banyak disarankan oleh para ahli, ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan cairan. Setidaknya 3 liter atau 12 gelas sehari harus menjadi bagian saat dalam perjalanannya. Sebab, dehidrasi saat hamil dapat memicu kontraksi hingga kelahiran prematur. Oleh karena itu, Fadli mengatakan agar para ibu hamil tidak memaksakan tetap berpuasa selamat mudik.

#4. Peregangan dan pengganjalanKarena saat perjalanan akan lebih sering duduk, disarankan agar para ibu hamil dapat melakukan gerakan kaki ke atas-bawah dan kiri-kanan. Ini digunakan untuk mencegah pembengkakan dan kram pada kaki. Selain itu, apabila punggung terasa sakit atau pegal, segera ganjal dengan bantal kecil.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA