Resep Risoles Apel Kayu Manis, Cocok buat Menu Buka Puasa

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yayuk Widiyarti
Rabu, 15 Mei 2019 15:39 WIB
Resep Risoles Apel Kayu Manis, Cocok buat Menu Buka Puasa

CANTIKA.COM, Jakarta - Buat pecinta rasa rempah, Anda harus mencoba resep Risoles Apel Kayu Manis ini. Rasa risoles yang renyah dan gurih dicampur dengan apel yang diberikan aroma kayu manis membuat Anda terus mengunyah karena kelezatannya, cocok buat menu buka puasa.

Bahan resep Risoles Apel Kayu Manis sama dengan resep risoles pada umumnya. Hanya saja yang membedakan isi risoles ini berupa apel dicampur dengan kayu manis. Proses membuat Risoles Apel Kayu Manis ini juga tidak sulit dan butuh waktu lama. Menyiapkan resep ini cocok untuk mengisi waktu ngabuburit sambil menunggu adzan magrib.

Resep lain:
Resep Smoothie Kurma, Minuman Segar dan Manis untuk Buka Puasa
Buat yang Suka Jajan, Wajib Coba Resep Cilok Tahu

Bahan

Bahan kulit:
- 100 gram tepung terigu
- ¼ sendok teh garam
- 2 butir telur
- 300 mililiter susu cair
- 75 gram margarin, lelehkan

Isi:
- 1 sdm margarin
- 500 gram apel hijau, kupas, potong dadu kecil
- 100 gram gula pasir
- 1 batang kayu manis
- 1/8 sdt garam
- 1 sdt air jeruk lemon
- 1 sdm tepung maizena
- 50 ml air putih

Pelapis:
- 2 butir telur, kocok lepas
- 200 gram tepung panir

Pugasan:
- Kayu manis bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Kulit: Campur semua bahan kulit, aduk rata dan saring. Panaskan wajan dadar, olesi margarin. Tuang satu sendok sayur adonan dan masak hingga kecoklatan, angkat. Lakukan hingga adonan habis.

2. Isi: Panaskan margarin, masukkan apel, gula pasir, kayu manis, dan garam, aduk rata dan masak sampai apel layu. Masukkan air jeruk lemon dan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, masak hingga mengental.

3. Ambil satu lembar kulit risoles, beri satu sendok makan bahan isi kemudian lipat kedua sisinya, gulung sambil padatkan. Lakukan hingga kulit dan isi habis.

4. Lapisi risoles dengan telur kemudian tepung panir, lakukan sebanyak dua kali. Goreng risoles dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan taburan kayu manis bubuk.

TABLOIDBINTANG