Kiat Menjalani Ramadan dengan Penuh Makna

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kala Ramadan, kita seharusnya berbahagia karena masih bisa bertemu lagi dengan bulan yang penuh berkah dan berlimpah pahala. Jadi, lebih baik di bulan ini kita berlomba-lomba melakukan hal-hal positif agar bisa menjadi orang yang lebih baik dan mendapatkan banyak pahala.

Daripada setiap hari hanya bermalas-malasan karena puasa dan hanya tidur dan bermain gawai, lebih baik lakukan empat hal bermanfaat ini.

Baca juga:

7 Hal yang Tak Boleh Diabaikan saat Buka Puasa Bersama
Dokter: Ibu Hamil Boleh Puasa tapi Ada Syaratnya

1. Manfaatkan banyak waktu untuk beribadah
Di bulan yang penuh berkah dan pahala dilipatgandakan ini lebih baik kita mulai melakukan ibadah dengan khusyuk. Cobalah untuk salat lima waktu dengan tepat waktu dan banyak berdzikir. Selain itu, untuk mengisi waktu kita bisa mulai rajin melakukan salat sunnah, seperti salat dhuha dan juga tadarus Al-Quran. Gunakan waktu di bulan suci ini untuk meningkatkan ibadah karena kita yang nantinya akan menerima pahala berlipat ganda.

2. Hindari melakukan kebiasaan buruk seperti suka emosi dan gibah
Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja. Emosi juga harus bisa dikendalikan. Jadi, saat berpuasa, cobalah untuk menjadi seseorang yang bisa lebih sabar meski sedang dihadapkan pada keadaan yang sulit. Selain itu, kebiasaan buruk seperti suka membicarakan orang lain dan bergosip sebaiknya dihindari.

Ilustrasi orang mengaji / membaca Al Quran. REUTERS

3. Kurangi pakai baju yang terbuka
Kala Ramadan, coba untuk tidak memakai baju yang terlalu terbuka. Selain untuk menghormati orang yang sedang berpuasa, bukankah lebih baik untuk memakai baju yang tertutup? Bisa juga jika kalian ingin mulai menggunakan hijab.

4. Instropeksi diri dan buat rencana untuk jadi orang yang lebih baik lagi
Layaknya seperti akan menyambut tahun baru, di Ramadan ini kita juga bisa membuat resolusi Ramadan. Cobalah renungkan apa saja yang sudah dialami dan sudah didapatkan pada tahun ini. Jika masih banyak kekurangan, jadikan itu semangat untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan lupa buatlah rencana apa saja yang akan dilakukan tahun ini agar bisa mewujudkan keinginan itu menjadi manusia yang lebih baik lagi.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."