Persiapkan Diri Menjelang Puasa Ramadan dengan 9 Cara Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi makanan sehat (pixabay.com)

Ilustrasi makanan sehat (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bulan Ramadan akan dimulai 6 Mei 2019. Umat Islam di seluruh dunia mulai bersiap untuk menjalankan ibadah puasa. Perencanaan akan membuat transisi jauh lebih mudah.

Seperti yang dilansir dari Al-Arabiya, berikut ini sembilan cara yang dapat dipersiapkan tubuh sebelum berpuasa sebulan penuh.

1. Konsumsi makanan dengan jumlah sedang
Mulailah dengan makan dengan jumlah sedang. Jangan karena bulan Ramadan yang semakin dekat membuat Anda berbelanja banyak bahan makanan. Ini hanya akan meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda lebih sulit untuk berpuasa.

2. Sarapan pagi
Selama bulan puasa Anda akan bangun pagi untuk makan sahur, penting untuk tidak melewatkannya. Saat ini, mulailah mencoba sarapan lebih awal untuk membantu tubuh beradaptasi menerima asupan makanan di awal waktu.

Artikel lain:

Yang Harus Diperhatikan Penderita Diabetes saat Puasa Ramadan

3. Kurangi cemilan
Biasakan makan di tiga jam utama, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam. Cobalah untuk menghindari memakan cemilan di antara jadwal makan. Selama Ramadan, Anda hanya diperbolehkan makan hanya dua kali, yakni sahur dan berbuka.

4. Kurangi kopi
Buat pecinta kopi dan tidak ingin mengalami sakit kepala selama Ramadan, mulailah mengurangi asupan kafein dari sekarang dan beralih ke kopi tanpa kafein.

5. Berhenti merokok
Perokok yang memulai puasa tanpa persiapan akan mengalami berbagai gejala, seperti mudah marah, gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi. Untuk menghindarinya, kurangi merokok perlahan-lahan, terutama di siang hari.

6. Lakukan puasa sunah
Cara yang lebih baik untuk mempersiapkan diri menjelang Ramadan adalah dengan latihan. Cobalah untuk melakukan puasa menjelang Ramadan untuk membantu beradaptasi dan kesempatan besar untuk menebus puasa yang tidak dijalankan tahun lalu.

7. Mengatur waktu tidur
Jika biasanya Anda suka tidur larut malam dan bangun siang hari, mulailah mengatur tidur dari sekarang karena selama Ramadan Anda akan bangun pagi untuk sahur. Sebagai alternatif, cobalah manfaatkan waktu untuk tidur siang selama beberapa menit.

Baca juga:

Tips Merawat Kulit agar Tak Kering Selama Puasa Ramadan

8. Mempersiapkan sahur dan berbuka
Merencanakan daftar makanan sebelum Ramadan akan menjauhkan dari kerumitan, terutama pada minggu pertama Ramadan saat Anda sibuk menyesuaikan diri. Siapkan menu dan mulai berbelanja untuk sahur dan berbuka selama tujuh hari pertama di saat masih penuh energi.

9. Pergi ke dokter
Jika Anda menderita diabetes atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dari sekarang untuk menanyakan apakah aman untuk berpuasa.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."