7 Tips Perawatan Kulit Sehari-hari saat Musim Panas

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

kecantikan

7 Tips Perawatan Kulit Sehari-hari saat Musim Panas

Sabtu, 4 Mei 2019 11:38 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim panas tentu bukan waktu yang ramah untuk kulit. Masalah yang sering dihadapi kulit terbakar sinar matahari dan kulit Anda juga menjadi terlalu berminyak, kering, dan kering. Kesehatan kulit kemungkinan besar tergantung pada nutrisi, namun suhu yang berlebihan pasti dapat berdampak buruk dan berdampak negatif pada kulit.

Baca juga: Manfaat Ajaib Rumput Macan buat Kecantikan Kulit

Cara paling produktif untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan-bulan musim panas yang gerah adalah minum banyak dan banyak air. Ini akan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan juga membantu mempertahankan kilauannya. Melansir laman NDTV, berikut perawatan kulit musim panas yang dapat dilakukan.

#1. Tetap terhidrasiTetap terhidrasi dapat membantu kelembapan kulit selama musim panas. Kulit yang dehidrasi cenderung menjadi kencang, kering, dan bersisik. Bahkan mudah pecah dan keriput bila tidak terhidrasi dengan baik. Jadi minumlah delapan hingga 10 gelas air, atau lebih jika Anda berolahraga di luar dalam waktu yang lama.

#2. Jangan pernah melupakan tabir suryaMenggunakan tabir surya adalah tip paling penting untuk rutinitas perawatan kulit harian Anda. Meski diluar sinar matahari cerah atau tidak, wajib mengenakan tabir surya. Bahkan jika keluar di sore atau di malam hari, pastikan Anda menerapkan setidaknya 2 sendok makan tabir surya setiap hari.

#3. Gunakan lebih sedikit make-up Jika Anda adalah seseorang yang berkeringat lebih banyak dari biasanya, atau jika rutinitas sehari-hari Anda melibatkan pekerjaan fisik dan berkeringat tidak bisa dihindari, maka gunakan make-up sesedikit mungkin. Produk perawatan kulit yang kental atau terlalu berat idealnya harus dihindari selama musim panas.

#4. Gel lidah buaya Gel lidah buaya dapat efektif menenangkan kulit Anda dari panasnya musim panas. Ini juga merupakan obat yang efektif untuk mengatasi sengatan matahari. Lidah buaya memiliki sifat menenangkan yang sangat baik yang bahkan dapat membantu mengurangi iritasi kulit, jerawat dan eksim.

#5. Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman Mengenakan pakaian ketat selama musim panas dapat menghalangi pori-pori yang mengeluarkan keringat. Ini menghasilkan benjolan kecil, gatal dan merah pada kulit, yang juga dikenal sebagai ruam panas. Sebaiknya pakai pakaian nyaman yang ramah kulit selama musim panas untuk menghindari ruam panas, seperti katun.

#6. Gunakan kertas blotting Kulit menjadi lebih berminyak dari biasanya di musim panas dan menggunakan kertas blotting dapat membantu menyerap minyak tambahan dari kulit. Produksi sebum atau minyak kulit meningkat selama bulan-bulan musim panas dan ini mungkin merupakan alasan mengapa menjadi terlalu berminyak.

#7. Makan makanan yang kaya likopen Likopen dikenal sebagai antioksidan kuat yang menawarkan perlindungan terhadap sinar matahari. Makan makanan kaya likopen selama bulan-bulan musim panas bisa sangat membantu. Makan lebih banyak tomat, semangka dan jambu merah muda untuk mendapatkan likopen Anda untuk perlindungan alami dari kerusakan akibat sinar matahari.