Tips agar Tubuh Tetap Prima kala Puasa Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi makanan berbuka puasa. shutterstock.com

Ilustrasi makanan berbuka puasa. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjalankan ibadah puasa Ramadan biasanya mengubah pola kegiatan rutin, mulai pola tidur, makan, hingga kebiasaan beribadah. Perubahan waktu makan utama yang biasanya tiga kali sehari, saat berpuasa hanya dua kali, sahur dan berbuka puasa.

Pola tidur pun harus disesuaikan. Anda harus bersiap-siap bangun beberapa jam sebelum waktu subuh untuk makan sahur setiap hari. Bagi banyak orang, perubahan pola seperti ini sulit dilakukan, terutama pada masa-masa awal bulan puasa.

Baca juga:
Penyebab Pusing dan Sembelit saat Puasa

Atau sebaliknya, semangat di awal lalu mulai malas menjelang Ramadan berakhir. Alhasil, banyak yang mulai meninggalkan kebiasaan makan sahur atau berbuka puasa dengan hidangan seadanya.

Kebiasaan seperti ini jelas sangat mengganggu keseimbangan tubuh. Padahal, sejatinya berpuasa adalah salah satu cara menjaga keseimbangan pencernaan dan kesehatan tubuh.

Dalam kondisi berpuasa, kebiasaan sahur juga berbuka puasa yang tidak baik, ditambah kondisi cuaca yang sangat tidak menentu, membuat seseorang sangat mudah terserang berbagai penyakit. Jika stamina menurun karena berpuasa, virus influenza semakin gampang merasuki tubuh.

Ilustrasi sakit flu. Shutterstock.com

Berpuasa dalam kondisi tubuh sedang terserang flu pastinya sangat tidak nyaman. Selain itu, ibadah lain seperti salat tarawih juga bisa terganggu gara-gara flu yang kelihatannya sepele.

Jangan tunggu hingga flu menyerang. Segera siapkan pertahanan terhadap flu agar ibadah puasa khusyuk dan lancar. Bagaimana agar ibadah puasa nyaman tanpa gangguan flu?

Baca juga:
Buka Puasa Jangan Gegabah Atau Perutmu Jadi Begah

- Jaga kualitas makanan saat sahur dan berbuka puasa. Makan makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan.

- Pilihlah buah sebagai camilan di malam hari setelah salat tarawih. Memakan buah-buahan atau jus yang mengandung vitamin C baik untuk menjaga stamina tubuh.

- Banyak-banyak minum air putih. Selama berpuasa tidak diperbolehkan minum, sedangkan cairan tubuh tetap banyak keluar. Jika cadangan cairan dalam tubuh tidak cukup akan mengakibatkan dehidrasi. Pergunakan waktu sahur yang sempit untuk minum air putih. Selain itu, sering-sering meminum air putih di malam hari setelah berbuka.

- Makanan yang manis dianjurkan untuk menjadi santapan berbuka puasa. Tapi hati-hati saat mengonsumsi es dan minuman manis lain, apalagi yang menggunakan pemanis buatan, saat berbuka puasa. Sebaiknya imbangi dengan air putih.

- Jangan lewatkan sahur walaupun dengan menu seadanya, jika menu sahur tidak mencukupi kebutuhan harian, konsumsi suplemen vitamin tambahan sebagai proteksi diri dari ancaman virus.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."