Makanan Pendamping yang Cocok Jadi Teman Minum 4 Jenis Teh

Ilustrasi teh. Sanjit Das/Bloomberg via Getty Images

kuliner

Makanan Pendamping yang Cocok Jadi Teman Minum 4 Jenis Teh

Kamis, 2 Mei 2019 11:29 WIB
Reporter : Muhammad Kurnianto (Kontributor) Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Bukan hanya teh yang beragam jenisnya. Makanan teman minum teh juga ada jenis- jenisnya agar makanan tersebut menjadi terasa enak dimulut.

"Makanan yang hendak dimakan saat kita mau ngeteh juga harus diperhatikan sehingga cocok di mulut," kata Head of  tea procurement Unilever Indonesia, Nunung Dwiputra, saat ditemui di Grha Unilever, BSD, Selasa, 30 April 2019.

Nunung mengatakan untuk jenis teh hitam cocok untuk makanan yang berlemak dan yang mengenyangkan, seperti gorengan, nasi Padang, dan sebagainya.

"Kalau green tea cocok untuk makanan yang digoreng juga seperti singkong goreng, kalau green tea-nya yang tipe steam cocok dengan makanan seperti ikan," ujarnya.

Artikel terkait:Alasan Teh Tak Dianjurkan Diminum saat SahurManfaat Teh Hijau untuk Kecantikan, Cegah Jerawat dan Penuaan

Sementara untuk jenis teh hitam vanila cocok dengan makanan yang mengandung cokelat dan susu, untuk jenis teh hijau melati cocok dengan makanan seperti karamel manis, teh susu cocok dengan makanan yang mengandung susu.

Saat Tempo mencicipi teh hitam tidak memakai gula dengan tahu isi goreng, rasa teh yang pekat tidak terasa di dalam mulut sehingga rasa teh dan tahu bisa sama- sama terasa.

Kemudian Tempo mencoba teh hijau tidak memakai gula dan memakan singkong goreng, rasa teh hijau yang tidak terlalu pekat dan rasa singkong goreng yang gurih membuat rasa keduanya tidak menkadi bertabrakan.