Pesta Hari Pendidikan Nasional, Rayakan Kolaborasi dan Inovasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). TEMPO/Prima Mulia

Ilustrasi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). TEMPO/Prima Mulia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pendapat dan pandangan berbeda ada di setiap bangsa. Namun semua pihak memiliki kepentingan yang sama ketika berbicara mengenai pendidikan. Di Hari Pendidikan Nasional, yang jatuh pada 2 Mei 2019, jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG) menggelar Pesta Pendidikan dengan tema “Rayakan Inovasi dan Kolaborasi, Kerja Barengan untuk Pendidikan”.

 “Masalah pendidikan di Indonesia itu banyak. Sebenarnya sudah banyak inovasi yang dilakukan oleh komunitas dan organisasi pendidikan, namun inovasi ini butuh kolaborasi nyata dari semua pihak dengan berbagai latar belakang dan profesi,” tutur Najelaa Shihab, Inisiator Jaringan SMSG, di acara Media Gathering SMSG di GoWork, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2019.

Baca juga:
3 Hambatan Wanita Melanjutkan Pendidikan ke Tingkat Sarjana

Dia mengingatkan kalau satu komunitas dan organisasi tidak mungkin bisa menyelesaikan semua masalah di Indonesia. Inovasi pendidikan sudah banyak dilakukan oleh komunitas dan organisasi pendidikan di Indonesia dengan tujuan mulia untuk meningkatkan akses, kualitas dan kesetaraan di pendidikan.

Melalui praktik-praktik yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, semakin banyak komunitas dan organisasi yang menyebarkan praktik, baik untuk masyarakat Indonesia. Namun, dampak yang lebih besar bisa didapatkan dari kolaborasi.

Ilustrasi Peringatan Hari Pendidikan Nasional. TEMPO/Subekti

Jaringan SMSG saat ini memiliki 550 komunitas dan organisasi pendidikan dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Ambon, dan Sorong.

“Yang dirayakan di pesta pendidikan ini adalah kolaborasinya. Kami meminta bantuan relawan yang figur publik juga yang mengambil peran di pendidikan. Menunjukkan kalau semua orang bisa mengambil peran,” lanjut Najelaa.

Dia mengatakan kalau pesan dari Pesta Pendidikan ini sederhana, ada inovasi-inovasi yang perlu disebarluaskan. Hal tersebut dilakukan dari kolaborasi bukan hanya di antara komunitas dan organisasi namun juga disebarluaskan antarmasyarakat. Masalah pendidikan bukan hanya masalah sekolah dan pemerintah, tapi tugas untuk semua.

Pesta Pendidikan akan digelar di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada tanggal 2 Mei 2019. Informasi lebih lengkapnya bisa dilihat melalui website resmi SMSG.

Baca juga:
Hari Pendidikan Nasional, Merry Riana Ingatkan Nilai Kehidupan

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."