Jerawat dan 4 Hal Lain yang Menandakan Kulit Dehidrasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi kulit. Boldsky

Ilustrasi kulit. Boldsky

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit yang terlihat sehat dan segar, tandanya mendapat hidrasi yang baik. Kulit pun terasa sangat nyaman dan sangat mudah saat mengaplikasikan makeup.

Baca juga: Ciri - ciri Kulit Dehidrasi, Beda dengan Kulit Kering

Tapi, ada kalanya kulit menjadi mengelupas dan kasar. Hal ini dapat dikatakan kulit mengalami dehidrasi. Biasanya kulit dehidrasi dikaitkan dengan kulit jenis kulit kering. Padahal, kulit bisa mengalami dehidrasi meskipun jenis kulit Anda tidak kering. Berikut ini lima tanda utama kulit mengalami dehidrasi dan cara mengatasinya, seperti dilansir dari laman The Klog.

#1. Kulit terlihat kusam dan lelah
Salah satu tanda paling awal dari kulit kering adalah kulit terlihat kusam. Kulit yang terhidrasi dan seimbang memiliki efek terlihat berkilau, sedangkan kulit yang kekurangan cairan tidak memiliki kilauan. “Sementara kulit kering tidak selalu menyebabkan kerutan, itu memberi kesan kulit terliha tua. Kulit kering [juga bisa] menonjolkan kerutan Anda,” ujar dokter kulit Debra Jaliman.

#2. Jerawat
Kita sering mengasosiasikan jerawat dengan kulit berminyak, tetapi kulit kering yang persisten dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap jerawat. Menurut dokter kulit Debra Jaliman setiap kali penghalang kulit terganggu, peradangan pada kulit dapat terjadi dalam bentuk jerawat.

#3. Terasa nyeri
Pada kasus dehidrasi berat, biasanya akibat dari campuran lingkungan, diet, obat-obatan, dan kurangnya perawatan, kulit bisa mulai terasa sangat menyakitkan. "Ketika kulit sangat kering, penghalang kelembaban berkurang dan kulit menjadi pecah-pecah," jelas Dr Jaliman.

#4. Kulit bersisik dan kasar
Tekstur kulit yang kasar dan mengelupas tanda yang paling jelas bahwa kulit Anda sangat membutuhkan kelembaban. Tekstur tersebut tidak hanya terasa di satu area wajah tapi juga secara keseluruhan.

#5. Kulit terasa kencang dan gatal
Selain terasa kasar dan tampak kusam, kulit yang mengalami dehidrasi bisa mulai memengaruhi kenyamanan Anda. Tanda-tanda awal kuit dehidrasi kulit kering, terasa kencang dan dan bahkan gatal-gatal ringan hingga agresif.

Selanjutnya, cara mengatasi kulit dehidrasi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."