Hindari Makanan Pedas dan 4 Lainnya untuk Mencegah Penuaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Penuaan Dini/Bisnis.com

Penuaan Dini/Bisnis.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semakin bertambahnya usia tanda-tanda penuaan semakin terlihat. Seperti guratan garis-garis halus, noda hitam atau warna kulit yang tidak rata semakin terlihat nyata di wajah. Meski tidak ada cara untuk menghindari  penuaan, namun kita dapat mengontrol tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga: Selain Kulit, Penuaan Juga Terjadi pada Organ Tubuh Lainnya

Selain menghindari paparan sinar matahari, stres dan merokok yang mejadi pemicu penuaan dini, pola makan juga menjadi salah satu pemicu utama. Masih banyak orang yang tidak menyadari beberapa makanan yang dikonsumsi ternyata memicu proses penuaan lebih cepat jika dikonsumsi terus menerus. Melansir laman Health, berikut beberapa makanan yang perlu diawasi tingkat konsumsinya

#1. Makanan yang tinggi lemak trans dan lemak jenuh
Lemak trans dan lemak jenuh merupakan jenis lemak yang rusak, dapat ditemukan dalam makanan dengan ketahanan yang lama, seperti biskuit, makanan cepat saji dan makanan-makanan deep-fried atau digoreng dengan banyak minyak. Lemak trans dan lemak jenuh mengurangi fluiditas sel tubuh, sehingga membebani hati dan menambah peradangan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

#2. Daging Olahan
Kandungan pengawet dalam daging olahan seperti sosis, dapat mendorong radang pada kulit sehingga mempercepat penuaan dini. Daging olahan juga cenderung mengandung kadar garam yang tinggi yang dapat kadar air dalam tubuh sehingga kulit dehidrasi yang tanda-tanda penuaan pun semakin tampak.

#3. Makanan Pedas
Makanan yang pedas memperlebar pembuluh darah. Wanita yang memasuki usia menopause akan melihat kulitnya seperti terlihat lebih kendur dan sedikit lebih tua ketika pembuluh darahnya melebar. Jika mengkonsumsi makanan pedas secara reguler, hal ini dapat memperlebar pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan kulit atau kemerahan secara permanen.

#4. Makanan atau Minuman dengan Kafein
Kafein dapat tubuh mengeluarkan cairan lebih dan mengurangi kelembaban kulit sehingga kulit menjadi dehidrasi. Dehidrasi kulit dapat menyebabkan kulit tampak lebih kusam dan lebih tua. 

#5. Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat simpel
Makanan yang tinggi seperti permen atau pun soda dan karbohidrat simpel, seperti  tepung, pasta dan kue,  merupakan makanan yang kandungan glukosanya mudah dipecah. Kandungan glukosa yang tinggi dapat menyebabkan muncul kerut pada wajah lebih cepat karena berbenturan dengan kolagen yang menjaga kekencangan kulit. Hal ini dapat membuat kulit kita kurang elastis, fleksibel dan dehidrasi. 

DWI NUR SANTI 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."