Sebab Menjemur Pakaian dalam Ruangan Tak Dianjurkan

Ilustrasi jemuran jeans. Unsplash.com/Bruno Nascimento

kesehatan

Sebab Menjemur Pakaian dalam Ruangan Tak Dianjurkan

Rabu, 17 April 2019 21:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Keadaan sering membuat Anda terpaksa mengeringkan pakaian di dalam rumah. Mengeringkan pakaian basah di dalam ruangan, terlebih yang tidak berventilasi baik, tidak dianjurkan dan menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Mengeringkan pakaian di dalam ruangan yang tertutup akan menyebabkan peningkatan kelembaban. Hal ini akan mempengaruhi keseluruhan suhu ruangan. Kondisi ini tidak baik untuk mengeringkan pakaian.

Cara terbaik adalah dengan mengeringkan pakaian di luar ruangan agar pakaian terkena sinar matahari langsung dan membantu pakaian memiliki aroma yang segar. Untuk mengeringkan pakaian di dalam ruangan, selalu gunakan ruang berventilasi baik. Pastikan tempat menjemurnya diletakkan di dekat jendela.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengeringkan pakaian di dalam ruangan buruk bagi kesehatan, seperti dilansir Boldsky.

Artikel lain:Kiat Memilih Gantungan yang Sesuai PakaianTips Merawat Busana Berbahan Brokat

#Menyebabkan kanker Terkadang, kita menggunakan pelembut kain setelah mencuci pakaian. Pelembut pakaian memiliki kandungan asetaldehida tingkat tinggi, zat kimia yang menyebabkan kanker. Mengeringkan pakaian di dalam ruangan tidak sehat karena tidak ada ruang untuk udara dari pakaian untuk menguap. Menghirup udara ini cukup berbahaya.

#Menyebabkan alergi Mengeringkan pakaian di dalam ruangan tidak sehat karena bisa menimbulkan jamur akibat udara lembab. Jamur ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sinusitis, bronkitis, dan masalah pernafasan lain. Hal ini berbahaya bagi orang yang alergi.

#Beracun Tak hanya memicu alergi, jamur yang muncul akibat udara lembab juga bisa beracun. Ini berbahaya, apalagi saat terhirup. Jenis jamur ini biasanya disebut stachybotryschartarum dan sangat umum ditemukan di lantai, di sela-sela antara dinding,  dan pada kusen jendela.

#Asma Mengeringan pakaian di dalam ruangan tidak sehat karena tingkat kelembaban di ruangan meningkat, menyebabkan timbulnya tungau debu. Hal ini pada gilirannya meningkatkan risiko spora jamur. Inilah salah satu alasan utama asma dan kondisi alergi lain.

#Sistem kekebalan tubuh melemah Ada dua hal yang akan terjadi saat jamur terus terhirup. Hal ini dapat menyebabkan infeksi atau bisa membuat sistem kekebalan tubuh penghuni rumah melemah. Bila sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap spora, mereka selalu mempengaruhi saluran udara bagian atas dan sinus. Hal ini dapat menyebabkan batuk, kelelahan, dan iritasi pada mata dan tenggorokan.