Hubungan Cinta Bermasalah, Awas 4 Masalah Kesehatan Mengintai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi stres/bingung. Shutterstock.com

Ilustrasi stres/bingung. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut banyak pakar cinta sangat baik untul kesehatan dan kebahagiaan. Namun, ternyata hubungan percintaan juga bisa berdampak buruk karena menyebabkan kesedihan, kemarahan, kebingungan, dan stres.

Baca juga: Alasan Aktris Game of Thrones Sophie Turner Tunangan di Usia 21

Melansir laman Live Science, ada lima contoh bagaimana percintaan, terutama hubungan yang penuh ketegangan, bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

#1. Meningkatkan risiko penyakit jantung koroner
Hubungan atau pernikahan yang bikin stres bisa membuat kita rentan dan patah hati secara harfiah. Menurut penelitian yang dimuat di Journal of the American Medical Association pada 2000, wanita yang perkawinannya tidak bahagia 2,9 kali lebih berisiko menjalani operasi jantung, terkena serangan jantung, atau meninggal karena sakit jantung, dibanding wanita yang perkawinannya tak diwarnai stres.

#2. Kesehatan mental yang buruk
Meski penelitian menunjukkan hubungan yang stabil baik bagi kesehatan, hubungan yang sulit dan tegang tanpa diduga mungkin akan berdampak sebaliknya. Perilaku negatif, seperti kekerasan dan sikap kritis selama ada konflik dalam hubungan bisa berdampak negatif pada kesehatan mental. Menurut artikel di Journal of Health and Social Behavior pada 2003, mental orang yang melajang justru lebih sehat dari mereka yang menjalani hubungan yang membuat stres.

#3. Menimbun stres
Pernikahan yang sarat masalah bisa menyebabkan stres kronis. Menurut sebuah laporan di jurnal Physiology and Behavior pada 2003, perkawinan yang tidak bahagia adalah sumber utama stres bagi pasangan. Stres karena urusan rumah tangga pun bisa terbawa ke tempat bekerja dan mempengaruhi kinerja.

#4. Memperlambat proses penyembuhan
Konflik dan masalah rumah tangga berdampak pada kesehatan fisik yang lebih buruk, termasuk memperparah penyakit dan proses penyembuhan. Masalah pernikahan memperlambat proses pemulihan para penyintas kanker payudara. Kemudian, mereka yang hubungannya bermasalah biasanya juga tidak sehat karena gaya hidup dan pola makan yang keliru.

YAYUK WIDIYARTI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."