Cara Menyimpan Daging di Kulkas Pengaruhi Kualitas dan Pengolahan

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yayuk Widiyarti
Jumat, 12 April 2019 18:38 WIB
Cara Menyimpan Daging di Kulkas Pengaruhi Kualitas dan Pengolahan

CANTIKA.COM, Jakarta - Para ibu rumah tangga yang suka memasak tentu ingin menggunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik. Daging merupakan salah satu makanan yang paling sulit disimpan.

Bila disimpan di kulkas bagian bawah, daging seringkali tidak akan bertahan lama dan nutrisi juga akan keluar. Sedangkan kalau disimpan di kotak pembeku atau kulkas bagian atas, akan mengambil waktu yang cukup lama untuk mengolah daging dan tekstur juga akan berubah.

Baca juga:

Suka Makan Daging Merah, Ketahui Pengaruhnya untuk Tubuh

Melihat masalah tersebut, Panasonic meluncurkan teknologi terbaru, Prime Fresh Freezing. Teknologi ini membantu ibu rumah tangga menyimpan daging di kulkas, dengan menjaga kualitas dan tekstur.

“Banyak yang menyimpan daging di freezer agar tahan lama. Tapi sebelum dimasak itu harus defrost dulu dan itu bisa mengambil waktu hingga 3 jam,” jelas Product Assistant Manager Major Domestic Appliances PT Panasonic Gobel Indonesia, Albert Muljopranoto, di Jakarta Pusat, 9 April 2019.

Teknologi Prime Fresh Freezing dari Panasonic, di Jakarta Pusat, Selasa 9 April 2019 (Tempo/Astari P Sarosa)

Dengan cara penyimpanan di kulkas bawah ataupun di pembeku, nutrisi daging akan berkurang. “Teknologi Prime Fresh bisa menjaga suhu kompartemen di minus 3, memberikan pembekuan luar daging, tapi dalam daging tetap lembut,” lanjut Albert.

Dengan teknologi ini, air dan udara tidak akan masuk ke dalam daging. Teknologi ini dapat mencegah oksidasi, jadi air atau udara tidak akan masuk. Hal tersebut membantu menjaga nutrisi dan tekstur dalam daging. Tentu saja, waktu penyimpanannya tidak akan sama dengan freezer.

“Kalau di Prime Fresh bisa menjaga kesegaran sampai tujuh hari. Kalau freezer bisa sampai 15 hari dan kalau di kulkas biasa 1-2 hari saja,” jelas Albert.

Yang perlu diperhatikan waktu mengolah daging adalah saat memotong. Bila darah keluar, nutrisinya sudah banyak yang keluar. Selain itu, kualitas sudah tidak bagus bila daging tidak kembali ke bentuk semula setelah ditekan.

Artikel lain:

Meatloaf Saus Lada Hitam, Satu Lagi Resep Berbahan Daging Giling