Kualitas Udara Buruk Berbahaya buat Kesehatan, Ini Solusinya

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yayuk Widiyarti
Jumat, 12 April 2019 17:10 WIB
Kualitas Udara Buruk Berbahaya buat Kesehatan, Ini Solusinya

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan berbagai pembangunan dan inovasi, banyak masyarakat yang lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan dibanding di luar. Padahal, sirkulasi dalam ruangan yang selalu menggunakan pendingin ruangan atau AC belum tentu bagus dan udara yang dihirup belum tentu bersih, terutama untuk ruangan di dalam rumah, menjaga udara agar selalu bersih sangat penting untuk kesehatan keluarga.

Karena itulah, Assistant General Manager Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia, Heribertus Ronny, menjelaskan alasan pentingnya menjaga udara bersih dalam rumah.

Artikel lain:
Aturan Makan Nasi agar Tidak Berbahaya buat Kesehatan

“Sekarang kita peduli terhadap air yang sehat dan makanan yang sehat, tapi bagaimana dengan udara?,” jelas Ronny di Jakarta Pusat, Selasa, 9 April 2019.

Dia mengingatkan kalau udara adalah elemen yang paling banyak kita konsumsi setiap hari. Orang bisa diet makanan dan minuman, namun tidak akan bisa diet udara.

Karena itu, udara menjadi elemen yang memiliki pengaruh sangat besar untuk aktivitas sehari-hari. Udara bersih bisa membuat hidup yang lebih sehat. Di dalam rumah, udara yang tidak bersih bisa masuk sampai ke paru-paru.

Ilustrasi udara segar. shutterstock.com

“Semakin kecil partikelnya, semakin dalam bisa masuk ke tubuh hingga bisa ke paru-paru,” lanjut Ronny.

Karena itu, dalam ruangan tidak cukup hanya menggunakan AC. Sebaiknya, ruangan memiliki filter udara untuk membantu membersihkan udara dalam ruangan secara rutin. Hal ini sangat penting dilakukan di semua rumah tangga karena dampak pada kesehatannya cukup besar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri sudah semakin khawatir dengan kualitas udara di dunia.

“Udara semakin tercemar karena sebagian besar perusahaan menggunakan batu bara dan efek samping dari itu adalah polusi semakin tinggi,” tuturnya.

Udara yang semakin buruk bisa berbahaya untuk kesehatan keluarga.

Baca juga:
7 Khasiat Cabai Hijau untuk Kesehatan Tubuh