7 Khasiat Cabai Hijau untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi cabai rawit. Depositphotos

Ilustrasi cabai rawit. Depositphotos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cabai sudah menjadi salah satu bumbu wajib yang hampir selalu ada di setiap masakan Nusantara. Jenis cabai yang digunakan pun bermacam-macam, ada cabai merah, rawit, dan juga cabai hijau.

Kalau bicara soal cabai merah atau rawit, kita pasti sudah akrab dengan deretan manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi dua jenis cabai itu. Tapi bagaimana dengan cabai hijau?

Cabai hijau merupakan salah satu jenis cabai yang cukup jarang dikonsumsi, mungkin karena citarasa cabai hijau yang tidak sepedas dua jenis cabai lain. Walau begitu, cabai hijau ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Artikel lain:
Manfaat Cabai untuk Kesehatan, Mengurangi Pegal dan Sakit Kepala

#Mengurangi risiko kanker
Cabai hijau adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh kita dari berbagai macam kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, yang otomatis membuat kita semakin terhindar dari kanker.

#Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat kedua dari cabai hijau adalah kandungan vitamin C yang begitu banyak. Cabai hijau mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi ingat, harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

#Meningkatkan kesehatan kulit
Cabai hijau memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi, menjadikannya sebagai salah satu pendukung peningkatan kesehatan kulit, mengingat vitamin E memiliki peranan penting dalam memproduksi minyak alami kulit.

#Mengurangi kadar gula darah
Manfaat keempat dari cabai hijau adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah dan menghindarkan dari diabetes. Tapi cukup mengkonsumsi cabai hijau sewajarnya.

#Memperbaiki sistem pencernaan
Banyak orang berpendapat kalau cabai akan mengganggu sistem pencernaan. Tidak bisa dipungkiri kalau beberapa orang memiliki sistem pencernaan yang cukup lemah dan membuat mereka tidak bisa mengkonsumsi makanan pedas sama sekali. Tapi pada dasarnya cabai tidak mengganggu sistem pencernaan orang secara umum. Justru cabai hijau ini dapat memperbaiki sistem pencernaan. Hal ini bukan tanpa alasan karena cabai hijau memiliki kandungan serat yang dapat membersihkan usus.

Baca juga:
Isi hari Libur dengan Mengolah Resep Yakitori Keju Cabai

#Memperbaiki suasana hati
Saat memakan cabai hijau, tubuh akan melepaskan hormon endorfin sehingga kita menjadi lebih gembira dan bahagia.

#Menambah cadangan zat besi
Manfaat ketujuh dari cabai hijau untuk kesehatan kita adalah sumber asupan zat besi. Tubuh sangat membutuhkan asupan zat besi untuk menguatkan sel dan anggota tubuh lain. Jadi, pastikan mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."